Ibu Hamil Beresiko Terkena Penyakit Kulit


Pada Ibu hamil sering ditemukan gejala gatal-gatal. Penyakit ini biasanya hanya timbul pada masa kehamilan saja. Gejala ini disebut dengan pruritus of pregnancy. Biasanya gejalanya akan sembuh dengan sendirinya. Tidak hanya itu, dalam kondisi hamil, seorang wanita berisiko terkena infeksi kulit.

Ketidakseimbangan hormonal dan tingkat kelembaban kulit yang cukup tinggi pada masa kehamilan menyebabkan wanita hamil berisiko untuk terkena penyakit infeksi kulit. Hal ini bisa disebabkan bakteri, viral, dan jamur.

Dalam hal ini, pruritas of pregnancy ini dibagi dalam tiga kelompok yakni, pertama pruritic urticaria papale and palque of pregnancy, kedua papul dermatosis of pregnancy dan ketiga prungo gestationis beisner. Ketiga kelompok ini lebih spesifik, tapi bukan termasuk penyakit infeksi.

Untuk kelompok ini sendiri, sekitar 2-3% wanita hamil akan menderita penyakit ini. Hanya saja, penyakit ini bukan karena bawaan bayi dan tidak termasuk dalam penyakit infeksi kulit. Mengenai penyebabnya, hingga saat ini belum diketahui pasti. Tapi kemungkinan besar terkait dengan ketidakseimbangan hormonal pada wanita hamil.

Pada pruritic urticaria papale and palque of pregnancy, gejalanya berupa bintik-bintik merah, bercak kemerahan dan berada di pada perut bagian bawah lalu menyebar ke punggung, panggul, pinggang yang disertai gatal. Gatal-gatal ini biasanya menyerang pada kehamilan pertama (primigravida). Gejalanya sendiri akan hilang dengan sendirinya pada saat 2-3 pekan sebelum melahirkan.

Untuk kelompok papul dermatosis of pregnancy, gejalanya juga berupa bintik-bintik merah. Diawali pada perut. Untuk jenis ini, bisa terjadi sepanjang kehamilan, baik pada trimester pertama, kedua dan ketiga. Sedangkan untuk prungo gestationis beisner, gatal-gatal di awal dari tungkai atas paha berupa bintik merah yang menimbulkan rasa gatal seperti bekas gigitan nyamuk. Juga muncul pada trimester ketiga. Jumlahnya bervariasi, tergantung dari kepekaan kulit.

::melindahospital::

Iklan

3 thoughts on “Ibu Hamil Beresiko Terkena Penyakit Kulit

  1. Dokterrrrr…. help me…

    sy lagi was-was bgt. di kaki seperti ada infeksi kulit, awalnya seperti luka gores dan memar biasa, di dekat betis samping, dekat2 bagian tulang kering kaki, tp lama kelamaan bukannya membaik malah jd seperti luka bakar yg melepuh. sempat ada pikiran curiga ini seperti herpes. krn sy sama sekali tidak ingat apa sebab dr luka itu krn tidak pernah merasa tergores apapun disitu sbelum ada luka.

    herpes kah ini?? berbahaya kah bagi janin sy??
    soalnya kehamilan sy sudah memasuki usia 8 bln. saya panik skali dok…

    bisa dibantu mengenai pembahasannya…

    thx much, Gbu dok…

  2. Salam Dr,

    Kandungan saya sekarang berusia 30 minggu. Saya mengandung anak kembar.

    Semenjak masuk tri-mester ke-3,hidung saya kerap berdarah. sebelum ini hidung berdarah pada waktu petang, jadi ramai yang memberi pandangan mungkin kerana cuaca yang panas.
    tetapi pada pagi semalam, lebih kurang jam 6.30pagi sejurus selesai solat subuh..hidung saya berdarah dn lebih banyak dari biasa..

    babies dlm kandungan masih aktif, jadi saya tidak risau sangat..

    Saya cuma ingin tahu punca hidung saya berdarah. Boleh Dr tolong selesaikn kemusykilan saya ini?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s