Mempersiapkan Kehamilan


KEHAMILAN dan mendapatkan keturunan merupakan sebuah harapan yang besar bagai pasangan suami isteri, khususnya bagi mereka yang baru saja melangsungkan pernikahan. Hadirnya buah hati dalam kehidupan keluarga menambah lengkap suasana. Momen tatkala hasil test kehamilan menunjukkan postif, adalah sebuah moment yang sangat dinanti oleh pasangan suami isteri bagi mereka yang mendambakan hadirnya generasi penerus keluarga.

1. Berat badan ideal

Pastikan berat badan Anda sudah ideal, untuk mengukurnya gunakan  indeks masa tubuh dengan rumusan berat badan dalam kilogram dibagi  kuadrat dari tinggi badan dalam meter. Disebut ideal jika angkanya  antara 20-25. Tubuh yang terlalu kurus akan berpengaruh pada produksi sel telur setiap bulannya. Sementara lemak yang berlebihan karena kegemukan juga sama tak baiknya karena bisa mengganggu kehamilan dan  janin.

2. Cek kesehatan

Gangguan tiroid, anemia, kekurangan zat besi, tekanan darah tinggi,  diabetes, dan infeksi vagina, adalah sederet penyakit yang bisa  mengganggu kehamilan. Periksakan kesehatan Anda untuk memastikan tubuh  Anda dan pasangan sehat.

3. Pengaruh obat

Beberapa jenis obat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi selama  kehamilan. Jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan, konsultasikan hal  ini dengan dokter.

4. Mulai minum vitamin

Beberapa jenis suplemen yang berguna mendukung kesehatan janin di  antaranya asam folat, suplemen zat besi untuk meningkatkan kadar mineral  penting dalam tubuh, serta asam lemak omega-3.

5. Stop kebiasaan buruk (bad habits)

Hentikan semua kebiasaan buruk Anda; merokok, minuman beralkohol,  dan  kafein. Rokok menyebabkan bayi lahir dengan berat kurang, selain  tentu juga merusak paru-paru. Nekat minum alkohol bisa menyebabkan  gangguan tumbuh kembang janin, sedangkan kafein bisa meningkatkan risiko  keguguran.

6. Mulai olahraga

Mulailah melakukan olahraga sejak sekarang karena selama hamil 9  bulan tubuh Anda harus bekerja lebih keras untuk menjamin kesejahteraan  janin di kandungan.

7. Nutrisi untuk Persiapan Kehamilan

Makanan sehat tak hanya baik untuk mempersiapkan kehamilan, namun  juga sesudahnya. Fungsinya adalah agar terhindar dari masalah di saat  hamil, memiliki bayi yang sehat serta memperlancar ASI (Air Susu Ibu).

  • Makan yang belum disuling seperti nasi, roti, sereal dan krispi biji-bijian, ataupun whole wheat pasta sangat bagus dijadikan pilihan.
  • Pilihlah makanan segar seperti susu dan sayuran, baik yang masih  mentah ataupun yang telah dimasak untuk dikonsumsi setiap hari. Sebisa  mungkin hindari makanan kaleng.
  • Telur sebagai sumber protein serta mengandung bermacam gizi.
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian juga sangat bergizi. Kacang  polong yang kering atau beku lebih baik daripada kacang kalengan.
  • Usahakan mengkonsumsi ikan segar sekali seminggu tanpa membatasi jenisnya.
  • Jangan terlalu manyantap satu jenis daging yang sama, karena  kandungan gizi daging yang murah, termasuk jerohan, sama dengan yang  mahal.
  • Sayuran dan buah-buahan merupakan sumber vitamin dan mineral. Santaplah sebagai lalap mentah dan bila mungkin tanpa perlu dikupas. Karena umumnya vitamin dan mineralnya tersimpan tepat dibalik kulit. Jika ingin memasak, lebih baik dikukus daripada direbus agar zat gizi  yang terkandung tidak larut.

::bayisehat::

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s