Keputihan selama kehamilan, normalkah?



Pada saat hamil akan terjadi peningkatan pengeluaran cairan vagina daripada biasanya yang disebabkan karena adanya perubahan hormonal selama kehamilan.

Bentuk dari cairan vagina, selama kehamilan bewarna bening atau putih susu , encer dan tidak berbau. Ini adalah Normal. Yang terjadi karena perubahan hormon tubuh selama kehamilan. Yang akan meningkat dengan bertambahnya usia kehamilan.

Tips yang dapat dilakukan :

– Oleh karena pada kehamilan terjadi peningkatan cairan vagina dan hal ini Normal maka yang terpenting setiap wanita hamil untuk menjaga kebersihan daerah V (vagina/kemaluan) nya dengan baik.

– Bersihkan dan keringkan selalu bagian tersebut.

– Bila celana menjadi lembab/basah ( karena wanita hamil sering buang air kecil) maka gantilah dengan yang bersih dan kering. Jadi gantilah celana lebih sering bila perlu.

– Pakailah celana dalam dari bahan katun, yang lebih mudah menyerap.

Hal ini semua adalah untuk mencegah terjadinya infeksi didaerah Vagina tersebut.

Yang perlu diperhatikan:

Bila anda menemukan bahwa cairan vagina atau keputihan berubah menjadi: bewarna lain, berdarah, keluar dalam jumlah sangat banyak atau berbau atau menimbulkan rasa gatal didaerah Vagina dengan / atau rasa nyeri perut dibagian atas. Maka konsultasikanlah ke dokter anda secepatnya.

Sehingga dokter dapat menilai adanya kemungkinan terjadi infeksi atau lainnya. Dan dapat ditangani sedini mungkin.

© Dr. Suririnah- www.infoibu.com

8 thoughts on “Keputihan selama kehamilan, normalkah?

  1. saya calon ibu, saat ini saya sedang hamil anak pertama. tetapi lima bulan yang lalu saya mengalami keguguran, tapi gak di kuret. setelah itu saya tidak mengalami menstruasi, saya langsung positif hamil lagi. bahayakah bagi calon janin yang saya kandung sekarang atau bagi kesehatan saya???? mohon jawabannya, terima kasih,,,

  2. saya calon ibu sekarang usia kandungan saya 7 minggu, tapi kenapa didaerah v saya sering mengalami sakit saat berhubungan dengan suami saya, apakah ini berbahaya buat saya ?

  3. saya calon ibu hamil anak pertama dan usia kehamilan saya 16 minggu, dan sering sekali keputihan dan berbau tak sedap, serta kadang terasa gatal. pa keputihan itu bisa mempengaruhi janin yang saya kandung?? mohon bantuannya! trus biasanya saya mengatasi gatal tersebut dengan memakai daun suruh yang di rebus untuk mencuci daerah V, pa betul langkah saya tersebut?

  4. saya calon ibu hamil anak pertama dan usia kehamilan saya saat ini sudah 23 minggu dan sering sekali keputihan dan berbau tak sedap….dan selama saya periksa ke dokter saya tidak pernah menyakan hal ini apakah berbahaya buat kehamilan saya ??

  5. salam , sekarang kandungan saya 4 bulan , di bahagian sulit saya keluar keputihan yang meninggalkan bekas kuning di seluar dlm saya.kadang menimbulkan rasa gatal dan bau di bagian sulit saya,apakah itu berbahaya bagi saya dan janin saya?saya harap, saya boleh dpt jawaban yg terbaik dr doktor,

    terima kasih

  6. saya calon ibu,dengan usia kandungan 9bulan dan dgan janin kembar.saya keluar keputihan yang meninggalkan bekas kuning di celana saya.kadang menimbulkan gatal di bagian selangkangan saya,apakah itu berbahaya bagi saya dan janin saya?saya mohon jawaban dokter,terimakasih

  7. saya calon ibu, usia kandungan 8 bulan, waktu kndungan 8 bulan saya mengalami keputihan n tadi pagi tu keputihan Q warnanya jadi berubah kecoklatan yang awalnya putih bening, tapi tidak gatal n berbau gt. apakah itu normal? trus tandanya apa itu ya dok?mohon jawabannya..trima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s