Sistem Pencernaan Janin Mulai Bekerja


Minggu ke-10 Konsepsi (Minggu ke-12 HPHT)

Glukosa atau gula sudah diserap secara aktif.

Berat janin di minggu ini antara 8-14 g, sedangkan panjang dari puncak kepala hingga bokong sekitar 61 mm. Dalam 3 minggu terakhir ukuran janin meningkat 2 kali lipat.

Pada dasar otak janin, kelenjar hipofisis mulai memproduksi hormon-hormon, di antaranya hormon petumbuhan, kortikotropin (ACTH), prolaktin, luteinizing hormone (LH), dan follicle-stimulating hormone (FSH). Kelenjar pituitary juga sudah mulai menghasilkan hormon. Sistem saraf telah berkembang lebih jauh. Daerah anterior fontanelle (ubun-ubun besar) sangat lebar sehingga otak masih memiliki ruang cukup luas untuk berkembang.

Di minggu ini pula semua struktur dasar yang sudah terbentuk akan terus tumbuh dan berkembang. Masing-masing jari tangan dan jari kaki sudah saling terpisah. Rambut dan kuku pun terus tumbuh. Tulang bertambah kuat sesuai dengan ketersediaan kalsium dalam tubuh. Organ genital juga sudah dapat dilihat dengan jelas.

Sistem pencernaan sekarang mampu melakukan kontraksi untuk mendorong makanan melewati usus besar. Saluran pencernaan sudah bisa menyerap glukosa atau gula secara aktif.

Di minggu ini janin mengapung-apung dalam rahim ibu yang nyaman. Dia bisa bergerak bebas; sekali waktu meregangkan lengan dan kaki sementara lain waktu melompat-lompat. Janin melatih lengan dan kakinya bergerak dengan lentur dalam ruang yang sebagian besar berisi cairan. Janin menggerakkan tangan ke depan dan ke belakang atau menendang-nendangkan kakinya ke atas dan ke bawah.

PERUBAHAN KULIT

Berat badan ibu hamil umumnya mengalami kenaikan beberapa kg. Akan tetapi ibu hamil bisa saja mengalami penurunan berat badan beberapa kg lantaran masih mengalami gangguan mual-muntah di pagi hari. Pada usia kehamilan ini, kenaikan berat badan sekitar 1,8-3,6 kg. Sementara, rata-rata kenaikan berat badan sepanjang kehamilan berkisar antara 11,4-15,9 kg.

Pada akhir minggu ini, ukuran rahim jadi terlalu besar untuk tetap tinggal seluruhnya dalam panggul. Ibu dapat merasakan rahim berada tepat di atas tulang kemaluan (simfisis pubis). Di minggu ini pula jumlah cairan ketuban bertambah sekitar 50 ml.

Mayoritas ibu hamil sudah merasa lebih nyaman dibanding waktu-waktu sebelumnya karena keluhan morning sickness sudah mereda dan ukuran tubuh belum terlalu besar. Selain perut, bagian tubuh lain juga ikut membesar, terutama payudara yang sedikit bengkak untuk beberapa waktu.

Perubahan pada kulit dapat juga terjadi. Pada banyak ibu hamil, garis tengah kulit perut terlihat lebih gelap akibat terpigmentasi warna hitam kecokelatan, membentuk garis vertikal yang disebut linea nigra.

Kadang bercak cokelat tak teratur dengan ukuran yang bervariasi terlihat pula di wajah dan leher. Bercak ini dinamakan chloasma atau mask of pregnancy yang umumnya akan hilang setelah persalinan.

Kulit ibu pun mengalami perubahan vaskuler yang berbentuk benjolan kecil warna merah dengan cabang yang meluas ke luar. Ini paling banyak muncul di wajah, leher, dada dan lengan. Telapak tangan juga terlihat lebih merah. Namun tak perlu khawatir karena gejala-gejala tersebut bersifat sementara dan menghilang segera setelah persalinan. Kelainan-kelainan tersebut tak lain diakibatkan oleh kadar estrogen yang tinggi selama kehamilan.

Hilman. Foto: Dok. nakita

Konsultan ahli: dr. H. Inayatullah Rifai, Sp.OG dari RS Azra, Bogor

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s