Trimester Ketiga Kehamilan


Dalam tiga bulan terakhir ini, beberapa penyakit menghilang tetapi penyakit lain dapat bertambah parah. Beberapa masalah muncul disebabkan karena ukuran tubuh anda yang semakin membesar.

Uterus menjadi sangat besar dan keras
Uterus terasa berkontraksi dan terkadang terasa mengencang.
Otot-otot menjadi semakin rileks sebagai persipan melahirkan. Kondisi ini menyebabkan frekuensi buang air kecil semakin meningkat sekitar 5 menit sekali, bahkan terkadang sampai merembes keluar.
Sesak napas karena paru-paru harus memasok udara untuk anda dan janin
Gerakan anda menjadi kaku dan cenderung kurang terkoordinasi karena berat dan ukuran badan yang bertambah
Nyeri punggung dan sakit kaki menjadi lebih parah
Sulit tidur dan menemukan posisi berbaring yang nyaman. Kegelisahan sebagai calon ibu juga dapat menyebabkan sulit tidur. Kurang tidur dapat menyebabkan kelelahan.
Pada bulan terakhir anda akan merasa agak lega. Uterus telah tumbuh meninggi kearah paru-paru sehingga tersedia ruang yang cukup besar bagi janin. Tetapi pada minggu ke-36, uterus semakin membesar sebagai persiapan proses melahirkan. Ruang untuk janin semakin luas dan kepalanya sedikit menunduk, sehingga anda lebih mudah bernapas.
Sekitar minggu ke-40, tubuh anda sudah siap menhadapi proses persalinan.

Pada awal trimester ketiga, janin diperkirakan dapat hidup di luar rahim. Bayi prematur cenderung sulit bernapas dan menjaga panas tubuh. Tetapi dengan bantuan peralatan medis modern, angka harapan hidup masih cukup tinggi. Dalam periode ini, janin tumbuh dan berkembang dengan sangat cepat. Janin berubah dari yang sebelumnya berkeriput dan kurus menjadi halus dan gemuk berisi.

Pada minggu ke-32, proporsi tubuh bayi sudah seperti yang anda harapkan. Posisi kepala menunduk menghadap panggul anda dengan berat sekitar 1,6 kg (3,5 lb).

Pada minggu ke-36, janin telah memenuhi uterus dan posisi janin berubah ke posisi kelahiran.

Akhirnya, sekitar minggu 40, bayi anda siap untuk dilahirkan. Setelah lahir, kelopak matanya membuka dan ia telah mampu melihat cahaya. Kuku-kukunya sangat panjang sehingga harus segera dipotong setelah lahir. Berat janin mencapai sekitar 3.4 kg (7 1/2 lb).

diambil dari ::wyethindonesia::

About these ads

24 thoughts on “Trimester Ketiga Kehamilan

  1. kehamilanQ skrg ud memasuki bln ke 9, sbnrnya takut jg menghadpi kelahiran pertamQ ini,,aplg Dr blg bayiku besar (krn badanQ jg kecil),hanya ada 1 hal yg memotivasiku utk brani.. bersukur diberi kesempatan utk menjadi bunda adl anugerah, krn diluar sn byk wanita yg msh menunggu diberi kesempatan ini tp blm kesampaiian.. so,selamat berjuang, smoga bunda dan anak sehat dan sempurna.. amin..amin..

  2. hamil bukan hal yg menakutkan, saat ini sya hamil anak pertama n memasuki usia kehamilan 7 blan ….. anugerah bagi saya dapat merasakan betapa bahagiax menjadi calon ibu … trim’s untuk infox jga sangat membantu …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s