Seputar Mandi Wajib


APAKAH BEDA MANDI KARENA HUBUNGAN SUAMI ISTRI, KARENA MIMPI BERSETUBUH, DAN KARENA HAID?

Assalamu alaikum Ustat ni aku dirman dari gayo lues (085277965XXX), mau bertanya, apa bedanya mandi wajib setelah berhubungan dengan mandi wajib bermimpi bersetubuh dan doanya apakah berbeda? Makasih ustadz mhon penjelasanya?

Asslm’alkm. Ustadz, bgimn dgn d0a mandi wajib ktka hbs haid maupn ktka hbs brsggama, apkh sma? T0lg dibcakn ustd. Trma ksh. Annisa:Riau (085761591XXX)

JAWAB:

Mandi Wajib karena berhubungan suami istri, atau karena mimpi bersetubuh, atau karena haid, bentuknya sama alias tidak beda. Mungkin yang dimaksud adalah niatnya, bukan doanya. Niatnya juga sama, yaitu ingin menghilangkan hadats besar dari badan kita. Niatnya: “Aku berniat mandi wajib untuk menghilangkan hadats besar karena Allah”. (UMAR ABDULLAH)

HABIS HAID TIDAK MAU MANDI WAJIB

In dewi k4yua6un6 (087796332XXX), b464i m4n4 klu w4nit4 het tid4k m4ndi w4jib

JAWAB:

JIka darah haid sudah berhenti keluar maka seorang muslimah harus segera mandi wajib. Karena ia harus mengerjakan kewajiban-kewajiban yang mensyaratkan kesucian badan dengan cara mandi wajib, seperti kewajiban shalat dan kewajiban melayani suami berhubungan intim. Jika ia menunda-nunda mandi wajib hingga tidak terlaksana kewajiban-kewajiban lainnya, maka ia telah berdosa. (UMAR ABDULLAH)

KEBASAHAN RAMBUT WANITA SAAT MANDI

Asslm dinda d pontianak (08125635054), jika mandi junub seluruh bdn dbasahi tp rambut hy diusap rata dgn air apakah mandinya sah? lalu sholat pake baju yg terkena sperma krn tdk tahu gmn pak ustadz? Asslm. wr. wb.

JAWAB:

Waslm. wr. wb. Bagi wanita, ketika mandi wajib, yang penting kulit kepalanya terkena air. Sperma tidak najis, sehingga memakai baju yang terkena sperma tidak membatalkan shalat. Hanya saja, jika mengetahui ada sperma menempel di pakaian kita hendaknya dibersihkan dengan air. Jika sudah mengering, hendaknya dikerok. (UMAR ABDULLAH)

PAKAI SHAMPOO, NGGAK?

Fery 23 th ,demak (081328069478). Cara mandi wajib gimana perlu pake sampo g’ nggak pake sampo g’apa2?

JAWAB:

Pakai shampoo boleh, tidak pakai juga boleh. Lebih baik pakai supaya rambut juga bersih dan wangi. Jika memakai shampoo, air untuk membilas shampoo yang menempel di rambut harus dari air yang suci dan mensucikan. (UMAR ABDULLAH)

KAKI DIPERBAN TIDAK KENA AIR

Saya ifan d banjarmasin (085752065571), mau nanya saya kan lg sakit kaki saya diperban, pas saya mandi wajib kalau kaki yng d perban td tdk d siram air sah gak mandi saya? thanks

JAWAB:

Sah. Bisa juga menghilangkan hadats besarnya dengan bertayamum. (UMAR ABDULLAH)

::mediaislamnet::

Iklan

3 thoughts on “Seputar Mandi Wajib

  1. Ass…………. Ustad saya andi di Aceh Tamiang ,saya mau tanya saya punya tatto di pundak saya yang saya tanyakan apakah sah kalo saya solat dan bagaimana jalan keluarnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s