Haid tak Teratur, Tanda Menopause Dini?


TANYA :

Assalamualaikum wr.wb. Pak dokter, saya berusia 40 tahun dan memiliki anak tiga orang. setelah saya melahirkan anak ketiga saya langsung menggunakan KB  IUD. Awalnya sih seperti biasa, tapi lama-lama kok cuma 3-4 hari, selesai. Sekarang semakin lama, kadang datang kadang tidak sampai 2 bulan. Sejak bulan agustus/ september ini saya tidak datang bulan lagi.

Saat saya menulis ini, bulan oktober tanggal 15, 2009. Belum juga saya datang haid. Yang ingin saya tanyakan, apakah saya menopause dini? Apa tidak terlalu cepat? Mengingat usia saya baru 40 tahun.

Apakah pengaruh saya pakai IUD ? tapi rata-rata teman yang pakai IUD tetap masih haid? Temen saya menyarankan minum obat namanya “ESTROBLEND” pada before,during and after menopause  dietary supplement. Kata teman setelah dia minum ini haidnya jadi lancar dan setiap bulan datang.

Setelah saya minum ini sudah dua bulan kok tidak haid juga ya? Apakah saya betul-betul menopause? Sedangkan teman saya yg menyarankan minum obat itu usianya lebih tua dari saya? Obat apa yang bisa melancarkan haid? apa saya harus ke dokter kandungan? Apakah saya nggak cocok pakai IUD? merek IUD yg saya pakai berbentuk T merek MIRENA.

Demikianlah pertanyaan saya, oh ya sebagai informasi saya tinggal di USA. Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak terima kasih dan saya sangat menghargai. Wassalamualaikum wr.wb.

Mega S. Hergustin– mhxxxxxxxx@xxxxxxx.com

JAWAB :

Assalamualaikum wr.wb. Pakai IUD dan tidak haid lagi perlu diperiksa kondisi dan posisi IUD-nya. Untuk itu perlu USG, apakah masih pada tempatnya. Selain itu perlu juga pemeriksaan lanjutan, termasuk pemeriksaan hormonal. Kecil kemungkinan menopause dini.

Pemberian suplemen hormon bukan penyelesaian. Yang mesti dilacak justru apa penyebab tidak haidnya. Minta bantuan dokter kandungan untuk melihat langsung, adakah yang abnormal di rahim, indung telur, atau sekitarnya. Indung telur yang terganggu tidak menghasilkan telur, dan itu bisa juga yang menjadi penyebab tidak haid.

Perlu pemeriksaan lapisan rahim (endometrium) untuk melihat fungsi hormonal. Untuk itu perlu pemeriksaan dengan mengerok (micro currettage). IUD sendiri biasanya tidak bikin tidak haid, malah bikin banyak haid. Wassalamualaikum wr.wb.

dr. Handrawan Nadesul

::republika::

7 gagasan untuk “Haid tak Teratur, Tanda Menopause Dini?

  1. sy blm dikrnuiai anak,umur sy 22 thn,slm ini haid sy lancar tiap bln,sy berbadan gemuk,sdh 4 bln sy blm halangan tp ktk sy k dktr kndgan,hslx negatif dan sy sdh mnm obat ttp blm halgan jg,apakah i2 penyakt,,apa kejdian ini pernah trjadi pd wanita laen

  2. trima ksih krn saya tlah diperknalkan dg situs ni, saya seorang pria dwasa dg usia 31 thun, ada 2hal yg ingin saya tnyakan, prtama : bgaimna cranya mningkatkan kualitas dan kuantitas sel sperma pd seorang pria… kedua : saya mmpnyai clon istri yg masa lalunya prnah mngalami kcelakaan lalu lintas yg mngakbatkan ada gngguan shingga haid tdk teratur smpe skrang, apkah ada yg trganggu di skitar rahim dan bgaimna solusinya, trima ksih…

  3. ass, saya umur 40 thn baru menikah 13 nov 2010 tp sebelum menikah bulan oktober 2010 sdh tdk lancar haid dan selama ini baru 3 kali haid dan tdk teratur.apakah ini sdh termasuk menopause?awal mulai haid saya umur 12 thn dan apakah itu penyebab awal menopause??

  4. Dok sy mau tanya, sy umur 44 th 2 tahun yg lalu sy kena kista, stahun yg lalu sy USG dan dinyatakan sembuh olh dr kandungan, tp kata dr kemungkinan haid sy blm bisa normal, tp sy khawatir jg karna dlm stahun sy haid cm 3x, bahkan 4 bl terahir ini sy blm haid, apakah sy sdh menopause dok, mengingat gairah seksual sy rasanya msh normal, trimakasih dok…

  5. yth> Pak Dokter,
    Saya, wanita, 45 tahun, lebih 9 bulan. Bulan lalu haid saya sedikit sekali. Dapat dikatakan tidak haid, saya coba dengan test pack tapi tidak ada tanda kehamilan. Bulan ini pada tanggal haid, haid saya juga sedikit sekali, namun setelah sekitar satu minggu dari tanggal haid yg seharusnya tiba-tiba saya mengalami haid, dan hal ini tidak seperti biasa, karena sudah selama 6 hari, haid saya relatif banyak. Apakah ini gejala menopause dan normal2 saja? Kira2 berapa lama haid ynang cukup banyak ini akan berhenti? obat apa yang harus saya minum? Terimakasih atas saran dan masukkannya, Dok.

  6. ass, bpa saya mau tanya… satu tahun yamg lalu saya habis melahirkan seorang anak. setel tapi setelah 40 hari sampai sekarang sya belum datang bulan lagi pak… padahal usia saya masih 21 tahun… kalo kya gitu knp ya pak?

  7. pak dokter mw nax kira- kira apa penyebabnya kalo haid biasa sampai 3 minggu ?
    apa komplikasi – komplikasi yang di timbulkan ?
    dan bagaimana cara mengatasinya?
    thx dok

Tinggalkan Balasan

