Merawat Bayi Prematur


Satu dari 18 bayi terlahir prematur. Bayi prematur adalah bayi yang lahir pada usia kehamilan ibu kurang dari 36 minggu. Semua bayi prematur membutuhkan perawatan khusus, tetapi tidak semuanya perlu dirawat di ruang rawat intensif.

Kekuatan / tonus  otot bayi prematur masih lemah dan ia tidak banyak bergerak. Mereka juga lebih mudah kekurangan kalsium dan zat besi,  juga kadar gula darah yang lebih mudah turun. Kulitnya masih sangat merah dan keriput, kepalanya relatif lebih besar dibanding tubuhnya, tulang kepalanya teraba lunak, dan mereka lebih mudah menjadi kuning dan jika hal ini terjadi, dan bayi menjadi malas minum, segera bawa ke dokter. Memang sedih melihat tubuhnya yang begitu ringkih, tapi ibu tak perlu khawatir karena saat ini perawatan bayi prematur sudah amat modern.

Memberi nutrisi untuk si mungil

Bayi prematur perlu diberi susu lebih sering dibanding bayi cukup bulan karena mereka membakar kalori lebih cepat. Makin mungil tubuhnya, makin sering nutrisi perlu diberikan.  Umumnya refleks hisap dan menelan sudah cukup baik pada bayi prematur dengan masa kehamilan > 34 minggu (berat lahir > 2000 gram), sehingga bayi dapat dicoba langsung menyusu pada ibunya. Telah dibuktikan bahwa bayi prematur lebih cepat belajar menetek dibanding minum dari botol. Bila refleks mengisap bayi sudah muncul, ia dapat langsung menetek pada ibu. Bila belum, susu diberikan dengan sendok khusus. Bila bayi belum ada refleks menelan atau amat lemah hingga tak bisa menelan, susu diberikan langsung ke saluran cernanya lewat selang. Untuk bayi yang sangat prematur atau sakit, nutrisi bisa diberikan lewat infus langsung ke pembuluh darah. Bayi prematur, disesuaikan dengan berat badannya, akan mendapatkan nutrisi secara bertahap tergantung kondisinya. Bila ia lahir amat kecil, bayi mendapat nutrisi bertahap mulai dari selang infus hingga akhirnya bisa menetek pada ibu. Agar ASI tersedia, ibu harus diajarkan cara memompa atau memerah ASI secara teratur  dan yang paling penting adalah ibu tidak boleh stress, cukup istirahat dan makan. Ibu yang stress oleh karena bayi dipisahkan dari ibunya /dirawat di RS, dapat menghambat produksi ASI.

Mewaspadai gangguan pernapasan bagi si mungil

Apnea

Bayi prematur seringkali berhenti bernapas beberapa saat, disebut apnea. Apne sering ditemukan, terutama bila umur masa kehamilan di bawah 34 minggu. Oleh karena itu alat pantau sebaiknya dipasang sampai umur masa kehamilan mendekati 34 minggu.

Kebanyakan bayi bernapas kembali cukup dengan stimulasi seperti  tepukan lembut di kakinya.

Sindroma Gawat Napas / Respiratory distress syndrome (RDS)

Bayi-bayi yang sangat kecil (lahir di bawah usia kehamilan 28 minggu) belum cukup memiliki surfaktan, suatu zat penting untuk menjaga paru-paru agar tidak menguncup. Paru-paru yang menguncup/kolaps tak bisa menangkap oksigen yang diperlukan untuk tubuh. Kondisi kekurangan surfaktan ini bisa menyebabkan penyakit membran hialin atau respiratory distress syndrome. Selama pernapasan bayi prematur belum normal, bayi akan mendapatkan bantuan oksigen, artinya bayi akan dirawat di tempat khusus  yaitu Neonatal Intensive Care Unit (NICU)

Referensi
  1. Stoppard Miriam. Complete baby&childcare. Dorling Kindersley. Great Britain. 1995
  2. Pusponegoro HD, Hadinegoro SR, Firmanda D, Tridjaja B, Pudjiadi AH, Kosim MS, et al. Standar Pelayanan Medis Kesehatan Anak. Ed 1. Ikatan Dokter Anak Indonesia, 2004
  3. Amir I. Manajemen nutrisi bayi baru lahir. In: Pediatrics Update. IDAI Jaya. 2003

::anakku.net::

37 thoughts on “Merawat Bayi Prematur

  1. hallo. . .mau tanya ni. . .skrg usia kandunganku 32-33 minggu,pemeriksaan USG trakhir tgl 22 februari bayiku beratnya 1972gr.. kmrn aku ada kontraksi,tp g ada flek n g ada pembukaan. . .sempet harus bedrest d rumah sakit,tp akhirnya setelah diberi obat penguat kandungan aku dibolehin bedrest total d rumah. . .aku takut bgt bayiku lahir prematur. tiap kali aku kontraksi aku elus2 perutku,niatku untuk menenangkan bayi d perutku,tp bidanku bilang ga blh dielus2 sebab itu malah merangsang kontraksi. aku jd bingung, bolehkah aku mengelus perutku ketika trjadi kontraksi? minta sarannya y. . .

  2. Saya operasi hamil 7 bulan karena tekanan darah tinggi, saya sempat di rawat di ICU, dan mengonsumsi obat yg dberi obat dri pihak rumah sakit, dan bayi saya sekarang lemah dan mengalami keluar darah dari lambung! Ada cara gak untuk penyembuhan bayi saya? Trmksh,

  3. Saya baru melahirkan anak pertama dok, sya mau tanya anak saya lahir prematur dgn usia kandungan 33 minggu, yg sya mau tanyakan kenapa perut anak saya kelihatan buncit? Apa yg menyebabkan perutnya buncit? Umur nya 1 bulan tgl 29 nanti, bagaimana dok?

  4. Ass, wr/wb saya bunga saya baru saja melahirkan bayi prematur dgn usia kandungan 7 bulan 12 hari. Karena adana darah tinggi saat itu tensi darah saya 200/120 , dan sya mengalami kejang dan pandangan kabur, lalu saya di rujuk ke RS yg ckup trknal di jkt.

  5. ass,,,,,Dr……
    tgl 14april 2011 saya melahirkan seorang anak perempuan dg brat 1,4kg yg lhir prematur..usia kndungan saya 7bln saat melahirkan,,dan saat anak saya lahir lngsung d rwat dlam NICU.slama 6hri ank saya makan lwat infus dan hanya d beri susu formula.
    Padahal suami saya setiap 2jam skali trus mngantarkan ASI dri saya..tp prawat d rs tdak memberikan ASI saya dan lagi anak saya d infus pada ubun2nya.Dan 1hri setelah anak saya lahir tepatnya tgl 15 april Dr.yang menangani anak saya langsung me-Ronsen anak saya tnpa ada persetujuan dri saya atau suami saya. Tepat 6hri anak saya d rwat d rs itu saya lngsung meminta anak saya d plangkan krna prwatannya yang sangat-sangat menyedihkan. di tambah lagi saya atau pun suami saya tdak d izinkan untuk mlihat anak kami..
    tepat pda umurnya 6hri saya memindahkannya k sebuah klinik,,dsana anak saya mendapat perawatan yang sangat bagus,,dan setiap 2jam sekali d beri ASI.. sampai umurnya 22hri,,keadaannya sudah sangat baek dan sdah kuat. Tapi yang saya heran kan knapa berat anak saya tdak juga brtambah??
    pada umurnya 22hri itu saya membawanya pulang krna msalah biaya.sekarang umurnya sdah 1,5 blan. badannya sudah berisi dan tingginya sudah bertambah.tapi setelah saya timbang lagi berat nya hanya 1,5kg.
    yang ingin saya tanyakan k Dr.
    -knapa berat anak saya tidak juga bertambah?
    -apa ini ada hubungannya dengan ronsen dan ASI yang terlambat d berikan?
    -n satu lagi Dr. perut anak saya terlihat lebih besar dari bagian tubuh yang laennya.. dan anak saya tidak mau kenyang saya susu-i..kenapa?
    tolong bantu saya Dr. bagaimana seharusnya saya memberikan perawatan yang baek pda anak saya..
    oh iya, gerakan dan daya isap anak saya sangat kuat,,sma seperti anak normal lainnya,,
    sekian Dr. terima kasih sebelumnya..
    wassalam,,,,,,,,,,

  6. hari ini 16 mei 2011 ponakan saya melahirkan anak laki2 prematur,dgn umur 8 bln,langsung masuk incubator,dokter apakah perawatannya cukup di incubator,mohon saran n petunjuknya

  7. saya mau bertanya kpd dokter..
    pada tgl 24 feb 2011 saya melahirkan anak pertama yaitu anak laki2 dengan usia kehamilan 28 minggu,dgn berat bayi 1,4 kg dan pjg 40 cm secara normal.stelah lahir anak saya lgsg diberi perawatan khusus.hasil lab,uji darah dan sebagai na tidak ada mslh dgn anak saya.jantung,paru dsb bagus.ALLAH menitipkan na kpd kami hanya 10 hari.selama 9hari perkembangan anak saya sangat bagus (menurut dokter yg menangani na).selama 9 hari anak saya tsb puasa dlm arti hanya mendapatkan mknan dr infus.hari ke 9 tepat na sekitar jam 5 sore dokter mengatakan anak ibu sudah bole berbuka puasa,dlm arti bsk (hari ke 10) sudah boleh minum.kalau ASI na sudah ada di pompa dimasukkan ke dalam botol dlm keadaan beku.karena bayi prematur stlh boleh minum yg lebih baik dikasi itu adalah ASI “perkataan dokter tsb”.pada malam hari na suami saya mengantar ASI tsb ke RS,krna bsk (hari ke 10) anak saya sudah boleh minum.dan sampai di RS suami saya melihat perawat sdg memberi anak saya dgn susu formula,dan perawat itu ditegur sm suami saya,krna ASI na sudah ada di dpn dan jgn dikasi susu formula.perawat itu lgsg berhenti memberikan susu formula tsb.dan suami saya plg.bsk siang na sekitar jam 12 keadaan anak saya kritis.dr mulut dan hidung keluar darah begitu bnyk tanpa berhenti,nafas na pun udah ilang2 timbul.berbagai cara tlh dilakukan dokter dan perawat.anak saya cuma bertahan sampe jam 12 mlm.

    yang ingin saya tanyakan kpd dokter
    1. apa ada hubungan dgn susu formula yg diberikan perawat kpd anak saya?
    2.Apa penyebab ibu bisa melahirkan secara prematur? (saya kontrol terakhir tgl 10 februari 2011 dengan USG 4D,dokter mengatakan tdk ada mslh apa2 dgn kandungan saya)

    trimakasi sblmnya kpd dokter..mudahan dokter bs menjawab pertanyaan saya…

  8. anak saya skrg usia 14thn,lahir prematur 1,4kg.di inkubator slama 40 hari.setelah 4bln baru kelihatan bola matanya ga mau mutar saat dikasih mainan berwarna.lalu ke spesialis mata,kt dokter retinanya pecah.dan tidak bisa melihat.

  9. Tgl 3 april 2010 bAyi kembar kmi lahir prematur 8bln dg berat 2,2kg dan 2,6kg alhamdulilah mskipun prematur dan kembar si kecil lumayan bsar dan sehat,sbelum klahiran putra kembar kmi ini sy jg prnah mlahirkan prematur 8bln bB nya 1,8kg tp cm dtitipi 6hri sj….buat ibu2 yg mlahirkan prematur lbh baik bri ASI exkLUsif buat buah hati dan jgn smpai stres krna pd dsarnya k0ndisi ibu mempengaruhi si kcil…bayi kembar sy skrg jg sy bri ASI exKLusif alhamdulilah ckup dan mkan ny jg tdk sulit …do’akan jag0an kcil kmi sehat dan mjdi kbanggan kluarga,amiin..

Tinggalkan Balasan

