Pengalaman Keguguran Picu Komplikasi Persalinan


Sebagian wanita kurang beruntung mengalami keguguran beberapa kali dan yang mengalami kehamilan risiko tinggi. Nyatanya wanita yang hanya satu kali mengalami keguguran pun cenderung mengalami komplikasi pada kehamilan berikutnya. Demikian menurut peneliti asal Skotlandia.

“Penelitian kami berdasarkan analisis catatan kehamilan terhadap lebih dari 32.000 wanita, yang menunjukkan keguguran yang terjadi meskipun hanya satu kali meningkatkan risiko komplikasi pada kehamilan berikutnya,” ujar Dr. Sohinee Bhattacharya dari Aberdeen Maternity Hospital.

Untuk penelitian tersebut, Bhattacharya dan tim peneliti menganalisi kehamilan dari 1.561 wanita yang mengalami keguguran pertama, 10.549 wanita mengalami persalinan nomral sebelumnya dan 21.118 wanita yang hamil pertama kali.

Dibandingkan dengan wanita hamil yang pernah melahirkan dan wanita hamil pertama kali, kelompok yang mengalami pernah mengalami keguguran memiliki risiko lebih besar terhadap komplikasi yang tidak menguntungkan.

Termasuk ancaman keguguran, kebutuhan induksi selama persalinan, persalinan dengan peralatan kedokteran, pendarahan usai persalinan dan persalinan prematur.

“Untuk sebagian besar wanita, risko tersebut sangat kecil,” ujar Bhattacharya sambil menambahkan perlunya kewaspadaan ekstra sebaiknya tidak hanya ditujukan pada wanita hamil yang mengalami beberapa kali keguguran. (reuters/ri) ::republika::

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s