Rokok Picu Gangguan Tiroid Ibu Hamil & Janin


WASHINGTON– Satu lagi alasan ibu hamil untuk menghentikan kebiasaan merokok. Para peneliti di Inggris membuktikan hal itu dapat mengganggu fungsi hormon tiroid pada ibu dan janin, Selasa (14/1).

Asap rokok telah terbukti menyebabkan bayi lahir dengan berat badan rendah, meningkatkan risiko sindrom kematian bayi mendadak atau sudden infant death syndrome, serta mengakibatkan bibir sumbing, kelainan jantung dan gangguan lainnya.

Bijay Vaidya dan tim peneliti dari Royal Devon And Exeter Hospital menemukan, merokok juga dapat berdampak pada tiroid ibu dan bayi.

“Kami mempelajari pengaruh dari asap rokok dapat mempengaruhi fungsi tiroid pada dua kelompok wanita dengan usia kehamilan yang berbeda. Pertama, kelompok kehamilan trisemester pertama dan kelompok usia kehamilan trisemseter akhir,” ujar Vaidya.

Pada kedua kelompok, peneliti menemukan, merokok selama hamil terkait erat dengan perubahan tingkat hormon tiroid ibu.

Fungsi tiroid yang baik merupakan kunci untuk mempertahankan kehamilan, sebagian wanita mengalami ketidakseimbangan tiroid terutama saaat hamil.

Hal itu mempengaruhi metabolisme dan meningkatkan risiko keguguran, kelahiran prematur, bayi berat badan rendah dan gangguan perkembangan otak.

Penelitian yang dipublikasikan pada Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism, Vaidya dan tim peneliti mengatakan, pihaknya mengukur tingkat hormon tiroid pada tali pusat bayi dan menemukan kebiasaan merokok berkaitan dengan perubahan fungsi tiroid juga terjadi pada bayi.

Namun jika dibandingkan antara wanita yang berhenti merokok selama hamil dan yang tidak merokok, perubahan tingkat tiroid itu bisa teratasi dengan cepat. (reuters/ri) ::republika::

3 thoughts on “Rokok Picu Gangguan Tiroid Ibu Hamil & Janin

  1. 11 hari saya telat, test hasil positif, yang jadi masalah saya jadi perokok aktif, susah sekali untuk berhenti, sekarangpun saya masih merokok.
    Bagaimana untuk menghentikan ini ?
    Berbahayakah merokok di usia kehamilan awal ??
    Terimakasih

  2. umur saya 21tahun.saya telat 6hari dan sudah cek hasilnya positiv.tapi saya masih menjadi perokok aktiv dan ktika blum mengetahui ttg kehamilan ini,beberapa kali saya meminum minuman2 beralkohol..jadi gimana yah???

  3. saya sedang hamil 6 bulan, umur saya 27 tahun, saya bekerja sebagai reseptionist, dan setiap hari bos saya merokok,dan tamu2nya pun pada merokok jg, secara tidak langsung saya setiap hari menghirup asap rokok, dan saya sudah berusaha untuk menjauh dari asap rokok, ruangan saya ruang ac,bagaimana cara mengatasinya,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s