Ngidam dan Hamil Kembar


MESKI biasa bagi perempuan hamil, namun fenomena ini terbilang aneh bagi laki-laki. Bagaimana tidak, istri selalu mual-mual dan muntah, ketika disodori makan yang diminta, tidak mau menyentuhnya sama sekali. Suami pun perlu bersabar karenanya. Acapkali disertai juga rasa nyeri di dada. Dalam beberapa hal bisa menyebabkan ibu kurang gizi. Ketika Dokter dilapori, lebih hanya sekadar mengatakan sambil tersenyum ” …biasa, perempuan hamil,…”

Tidak ada perhitungan pasti akan citarasa makanan pada wanita hamil. Sama
membingungkannya dengan alasan mengapa selera makanan berubah saat hamil. Namun penelitian-penelitian telah menunjukkan bahwa antara 76% dan 90% calon ibu mengalami ngidam salah satu makanan selama hamil, dan antara 50% dan 85% mengalami penolakan salah satu makanan. Mual-mual dialami oleh sekitar setengah dari seluruh wanita hamil yang diteliti.

Pada tingkat tertentu, perubahan-perubahan mendadak pada saluran pencernaan ini dapat disalahkan pada hiperaktivitas hormon dalam trisemester (3 bulan) pertama. Walaupun ngidam dan penolakan makanan dapat hilang sesudah waktu itu, di bulan keempat, mereka dapat muncul kembali.

Ngidam makanan pernah dianggap sebagai tanggapan tubuh terhadap kekurangan vitamin, mineral, dan nutrisi-nutrisi penting lainnya. Kenyataannya, tanda-tanda ini tidak dapat dipercaya. Anda tidak dapat menghiraukan ngidam atau penolakan makanan, tapi Anda bisa mengendalikan mereka dengan menghindari makanan tinggi kalori yang
memiliki nilai nutrisi rendah.

Selama masa kehamilan, Anda dapat merasakan bahwa produksi air liur meningkat. Akibatnya mulut Anda akan lebih berair dari biasanya. Air liur atau saliva Anda, menunjukkan adanya perubahan hormon dalam tubuh Anda. Hal ini dapat dirasakan dengan munculnya rasa logam dalam mulut.

Beberapa ketidaknyamanan di masa hamil membuat Anda terpaksa menyesuaikan kebiasaan makan Anda. Bila mual menjadi masalah (biasanya dalam trisemester pertama), maka jadwal makan yang lebih sering dengan porsi lebih kecil dapat membantu. Dengan biskuit sebagai camilan dan minum cairan misalnya.

Terlepas dari ketidaknyamanan sementara ini, penelitian menandakan bahwa hasil
kehamilan sangat memuaskan. Rasa panas dalam dada dapat diredakan dengan makanan porsi kecil dan menghindari makanan berminyak atau pedas dan kafein. Untuk sembelit, yang dapat muncul selama hamil, tingkatkan konsumsi cairan, makanan berserat, dan buah-buahan serta jus.

Ngidam, tidak setiap perempuan hamil bisa ditanggulangi dengan terapi yang sama. Masing-masing punya “gaya” sendiri-sendiri,
terutama kalau hamil kembar. Bagaimana kalau ngidam dipindah ke suami? Bila Anda punya cerita tentang ini, tentu sangat menarik.

::mytwins-care::

3 thoughts on “Ngidam dan Hamil Kembar

  1. berarti ngidam itu terjadi karena ada perubahan hormon dan kurangnya nutrisi-nutrisi tertentu. apakah ada cara untuk menanggulanginya? dan apa mungkin si istri hamil yang ngidam suami kan tidak masuk akal kalau melihat keterangan ngidam di atas……

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s