Mengetahui Kondisi Janin Normal


Kehamilan pertama memang sering membuat orangtua selalu khawatir. Biasanya saat janin memasuki usia minggu ke-12 orangtua mulai melakukan serangkaian pemeriksaan.

Perlu diketahui saat bayi memasuki usia minggu ke-12, seluruh anggota tubuh fetus dan organ-organ dalamnya telah terbentuk, panjang normalnya sekitar 8,5 cm. Pada tahap selanjutnya bayi hanya perlu tumbuh dan berkembang.

Namun bila lahir sekarang, organ-organ vitalnya belum cukup matang untuk bisa bertahan hidup. Pada saat ini, hormon-hormon plasenta mengambil alih dari corpus luteum indung telur (perpindahan luteoplasental).

Pada tahap ini tali pusar sudah menghubungkan fetus dengan plasenta. Dan bila terjadi benturan bisa menyentuh amneon serta dinding rahim. Kondisi kantung amniotik berisi sekitar 100 ml cairan amniotik dan fetus masih punya cukup ruang gerak. Karena itu wajar saja jika gerakan fetus meningkat tapi belum dapat diraba ibunya.

Kepala fetus kini tampak membulat, leher dan wajahnya telah terbentuk dan telinganya sudah berada di tempat yang tepat. Bila dahi fetus disentuh, maka kepalanya akan berpaling dan keningnya berkerut. Fetus telah mampu menelan dan menggerakkan bibir atasnya yang merupakan sebagai awal mula gerakan menghisap.

Sebagian besar cairan amniotik yang ditelan akan diserapnya dan fetus menghasilkan urine steril, untuk digantikan oleh cairan amniotik yang baru. Kini bagian luar alat kelamin fetus sudah cukup berkembang sehingga sudah bisa dilihat dan ditetapkan jenis alat kelaminnya.

Kondisi bayi akan terus berkembang. Misalnya saja saat fetus memasuki usia minggu ke-16. Panjang janin bisa sekitar 14 cm dan beratnya sekitar 130 gram. Tubuhnya mulai ditumbuhi bulu-bulu halus yang disebut lanugo. Mula-mula lanugo tumbuh pada alis mata dan bibir bagian atas, tapi pada minggu ke-20 mulai menutupi bagian tubuh.

Kelak lanugo digantikan oleh rambut dari folikel rambut sekunder. Bulu-bulu itu berguguran sebelum atau sesaat setelah persalinan. Yang diawali dari bulu mata, alis dan kepala. Pada minggu ke-16 ini vernix caseosa (zat licin berwarna putih mulai terbentuk. Yang perlu diperhatikan, saat janin dalam usia seperti tersebut di atas, jaga kandungan Anda dengan banyak istirahat, makan teratur dan tidur yang cukup.

diambil dari ::balitaanda::

One thought on “Mengetahui Kondisi Janin Normal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s