Hamil Selama Bekerja


Oleh: Katerina Tiapula

Pada tiga bulan pertama biasanya terjadi penuh kegelisahan, mual-mual, lelah dan gejala-gejala menantang lainnya. Belum lagi Anda juga berkutat dengan deadline, berkas kerja dan menemui banyak orang. Mungkin, semua bisa ditunda sampai setelah Anda sarapan.

Sedikit masukan, cari kelompok teman atau saudara pendukung yang baik dengan sejumlah solusi yang nyata. Ibu dan teman-teman Anda yang juga bekerja selama kehamilan mereka bisa menjadi sumber pengetahuan yang sangat membantu. Teman-teman Anda tahu gaya berpakaian Anda dan mengerti urusan kebutuhan pakaian ibu hamil dari sepatu yang baik selama kehamilan hingga rok yang tidak pernah mengerut saat perut membesar. Pergunakan waktu Anda untuk mencari pakaian hamil yang pantas serta modis untuk bekerja. Anda kan juga perlu merasa enak dan nyaman. Kini ada banyak toko yang memiliki sederetan pakaian hamil yang terjangkau, bagus serta nyaman yang didesain untuk bekerja.

Kadangkala nasihat dari orang lain bisa berisiko jadi lakukan apa yang kedengarannya baik bagi Anda dan hati-hati terhadap obat-obatan oral tanpa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Cukup sulit rasanya menghadapi deadline ketika Anda lelah. Beritahukan pada bos bahwa Anda sedang mengandung dan buatlah pilihan mengenai pekerjaan yang cocok dengan kondisi Anda. Anda mungkin ingin pekerjaan yang tidak terlalu berat atau terlalu menuntut selama masa-masa ini. Lebih baik membahasnya dengan bos diawal kehamilan daripada kemudian menghadapi atasan yang tidak puas dengan performa kerja Anda kedepannya.

Atur waktu kerja sehingga Anda memiliki puncak waktu produktif dan istirahatlah yang sering. Itu benar membantu lho tapi butuh sedikit penyesuaian. Energi fisik Anda tengah dialihkan untuk membesarkan bayi dan Anda perlu makan makanan kaya energi serta istirahat yang berkala. Duduk lama bisa menyulitkan tubuh Anda. Istirahatlah supaya Anda bisa meregangkan tubuh dan sedikit bergerak sejenak. Tentunya Anda tetap akan menjadi lelah tapi jadi tidak cemas soal deadline dan jujur saja, pengorganisasian (pengaturan) bukan ide yang buruk untuk seorang ibu.

Tiga bulan kedua dan ketiga diisi dengan perkembangan dan perubahan. Meskipun Anda tidak akan selelah seperti saat tiga bulan pertama, tubuh Anda akan mengalami perkembangan seluruhnya yang mungkin akan membuat Anda senang ataupun tidak terlalu senang akan hal itu. Itu normal. Normal pula bagi rekan yang tidak memiliki anak jika mereka tidak tahu pasti soal kapan dan apa yang akan dibicarakan.

Cobalah menjadi seorang yang pengertian saat rekan mulai berbicara pada perut Anda dan bukannya Anda. Berkomentar mengenai kemampuan Anda bekerja, atau kurang menghargai performa kerja Anda itu seringkali terjadi. Cobalah untuk mengerti bahwa mereka tidak begitu paham bagaimana perubahan yang menakjubkan ini bisa terjadi sedangkan Anda tetap masih bisa bekerja. Bagi sejumlah orang, mungkin satu jerawat kecil atau gaya rambut yang jelek saja bisa mengganggu penampilan kerja mereka. Seorang teman yang baik bisa menambahkan bumbu humor kedalam semua itu. Dan itu bisa meningkatkan mood serta melihat dengan cara pandang yang lain.

Pijat-pijat kecil kaki Anda setelah seharian bekerja dan gunakan kompres dingin. Ini akan mengurangi ketegangan pada kaki Anda dan membantu sirkulasi. Ini juga membantu untuk kram kaki yang kerap terjadi pada sejumlah perempuan selama kehamilan.

Tip terbaik adalah dengan mendapatkan sedikit latihan untuk melancarkan peredaran darah. Baiknya, sisihkan waktu selama sepekan itu. Pilates, prenatal yoga dan berenang adalah latihan yang baik dilakukan selama hamil. Sekarang ini ada banyak studio yoga yang menawarkan kelas pelatihan untuk ibu hamil. Berenang adalah latihan yang sangat bagus yang akan mengurangi ketegangan otot dan mengangkat beban dari punggung Anda. Berjalan bisa cukup sulit dilakukan di tahap-tahap akhir kehamilan tapi sampai menuju beberapa minggu terakhir itu, berjalan-jalan di taman itu baik sekali untuk mendapatkan udara segar dan peregangan. Yang penting hindari olah raga baru atau olah raga yang penuh ketegangan lainnya dalam beberapa bulan ini.

Dan tentunya, usahaka untuk istirahat sebanyak yang Anda bisa. Tubuh Anda berubah dengan cara yang menakjubkan dan butuh energi yang banyak untuk melakukannya.

diambil dari ::mumcentre::

One thought on “Hamil Selama Bekerja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s