Sepertiga Orangtua tak Tahu Perkembangan Anak


Sepertiga orangtua yang memiliki bayi ternyata mempunyai sedikit pengetahuan tentang perkembangan anak. Hasil penelitian yang dipresentasikan Pediatric Academic Societies di Honolulu itu bahkan menunjukkan, para orangtua tak tahu konsep-konsep dasar tentang apa yang seharusnya diketahui anak mereka. Lebih jauh lagi, mereka pun tak tahu bagaimana seharusnya bertindak.

Salah satu contoh penting, penelitian di AS itu menemukan, banyak orangtua tak tahu bahwa usia satu tahun tak bisa membedakan antara benar dan salah. Orangtua tak tahu bahwa pada usia itu anak sering tak bisa bekerja sama dan berbagi ketika bermain dengan anak lain. Hasil penelitian itu, menurut ketua tim penelitia Dr Heather Paradis, cukup mengejutkan.

Paradis dan rekan-rekan melakukan survei terhadap para orangtua –98,6 persen dari mereka adalah para ibu– lebih dari 10.000 bayi yang berumur 9 bulan. Para orangtua ditanyai 11 pertanyaan untuk menguji pengetahuan mereka tentang perkembangan bayi.

Para peneliti menelaah apa yang dikatakan para orangtua tentang interaksi dengan anak-anak mereka. Mereka menyaksikan videotape tentang bagaimana orangtua mengajarkan hal-hal baru pada anak-anak mereka. Hasil survei menunjukkan, sepertiga dari responden menjawab secara tidak benar empat atau lebih pertanyaan.

”Kurangnya pemahaman yang memadai tentang perkembangan seorang anak bisa menyebabkan berbagai problem,” kata Paradis, dokter anak di University of Rochester Medical Center, New York itu. Misalnya, kata dia, seorang ibu akan berharap anak berumur 18 bulan untuk duduk tenang sambil menunggu antrean dokter di klinik. Padahal anak-anak seumur itu biasanya penuh ingin tahu dan ingin menjelajah ke mana-mana.

Menurut Paradis, seorang ibu bisa salah interpretasi keingintahuan anak yang normal sebagai perilaku menyimpang yang dilakukan dengan disengaja. ”Dan, (mereka) akan meresponsnya dengan disiplin keras, mengurangi kasih sayang dan mengulangi pola hukuman itu dari waktu ke waktu,” kata Paradis. ”Itu bisa menghalangi dari perkembangan dan pertumbuhan potensi anak secara optimal.”

Salah satu solusi, Paradis menawarkan peran aktif para dokter anak dalam mendidik para orangtua baru. ”Dengan meningkatkan pengetahuan perkembangan anak di antara para orangtua, interaksi orangtua-anak bisa lebih kuat,” katanya, ”Ini pada akhirnya bisa mengarah pada pengasuhan yang lebih baik.”

Ayah bunda, kata Paradis, bisa juga berusaha menghadiri checkup ‘anak berkembang baik’ pada beberapa tahun pertama usianya. ”Kami tahu, di tingkat nasional, hanya sekitar separuh dari mereka yang berkunjung yang betul-betul peduli. Banyak informasi yang disampaikan pada orangtua pada kunjungan itu,” katanya.

Banyak dokter anak mempraktikkan ‘menghabiskan waktu yang cukup untuk membahas ‘panduan antisipatif’ selama checkup rutin ‘anak berkembang baik’,” jelas Dr Joseph Gigante, asisten profesor pediatri umum, di Vanderbilt University.

Saat konsultasi itu, para dokter anak memberikan informasi tentang masalah-masalah seperti nutrisi, kebiasaan tidur, pertumbuhan, perkembangan, perilaku, dan pengamanan anak. ”Sebagai tambahan, dokter sering memberi handout pada akhir kunjungan. Isinya menggambarkan apa yang harus diharapkan antara saat ini dan kunjungan berikutnya,” katanya.

Untuk riset mendatang, Gigante mengatakan, akan berguna untuk mengikuti para orangtua anak yang kurang pengetahuan tentang perkembangan anak. ”Untuk melihat bagaimana anak-anak mereka di sekolah dan mengukur apakah anak-anak ini cenderung mendapat risiko pengabaian dan kekerasan pada anak.” (healthday)

diambil dari ::republika::

Iklan

One thought on “Sepertiga Orangtua tak Tahu Perkembangan Anak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s