Tiga Tahap Persalinan Normal


by dr SalmaProses kelahiran bayi yang berlangsung normal dibagi dalam tiga tahap atau kala. Penting sekali bagi Anda untuk mengetahui proses tersebut agar Anda bisa menyikapinya secara tepat.

Tahap pertama (pembukaan)

  • Tahap ini merupakan yang paling lama, dimulai dari kontraksi sampai saluran rahim terbuka penuh oleh kepala bayi. Pada persalinan pertama, prosesnya bisa lebih dari 18 jam, sementara pada persalinan kedua dan seterusnya antara 2-3 jam.
  • Kontraksi yang lemah namun teratur dimulai dari bagian atas rahim ke bawah sampai vagina, biasanya diawali dengan nyeri di punggung terus menjalar menjadi seperti kram di perut bawah.
  • Sedikit demi sedikit kontraksi akan semakin seringdan kencang untuk mengeluarkan mendesak kepala bayi ke mulut rahim. Setiap kontraksi berlangsung 30 sampai 60 detik. Jarak antar kontraksi adalah 10-20 menit. Rasa sakit menghilang setiap kali rahim mengendor.
  • Mulut rahim menjadi lunak, tipis dan melebar sehingga memudahkan bayi keluar dari rahim.
  • Sedikit cairan dan darah biasanya ikut menyertai proses persalinan, sebelum akhirnya pecah air ketuban.

Tahap kedua (mengedan)

  • Tahap dari pembukaan penuh sampai bayi lahir. Dalam tahap ini bayi lahir melalui mulut rahim ke vagina, lalu dikeluarkan. Tahap ini biasanya berlangsung kurang dari satu jam untuk persalinan pertama. Pada persalinan kedua, hanya sekitar 20 menit.
  • Ibu akan merasakan keinginan untuk mengedan (menekan otot perut) dan merasakan sensasi seperti orang yang ingin buang air besar. Semakin lama, dorongan mengedan itu akan semakin kuat dan sering. Bayi lalu akan keluar melalui mulut rahim.
  • Pada posisi normal di mana kepala keluar terlebih dahulu, kepala bayi berfungsi sebagai pembuka jalan. Dengan demikian, bayi dapat bernafas bahkan sebelum seluruh badan keluar dari rahim.

Tahap ketiga (plasenta)

  • Pada tahap ini plasenta (jawa: ari-ari) akan terlepas dari dinding rahim. Prosesnya biasanya terjadi 15-20 menit setelah kelahiran bayi.
  • Kontraksi rahim yang keras terus berlanjut setelah kelahiran bayi dan akan menekan pembuluh darah, mengurangi perdarahan dan menyebabkan plasenta lepas dari dinding rahim.

diambil dari ::sehatbugar::

Iklan

17 thoughts on “Tiga Tahap Persalinan Normal

  1. Trima kasih dengan info ini yg sangat bgus bgiku, karena sebulan lagi saya menjelang melahirkan, n’ saya berharap melahirkan dngan lancar, amin…

  2. mkch mb ya infonya..
    moga nanti saya melahirkan lancar dan normal, dan baby nya moga sempurna…
    tgl 18 juni nanti perkiraannya..
    mohon doanya supaya lancar semua amien…

  3. Informasinya sangat bagus. Pada saat kelahiran anak pertama, saya mengalami proses bukaan yang lama, bukaan 1-3 hampir 24 jam, tapi setelah induksi (bukaan 3-lengkap) hanya berlangsung sekitar 4 jam. Benar-benar melelahkan, tapi semua itu hilang setelah saya melihat bayi ganteng saya lahir kedunia dengan sehat, sempurna dan selamat. Saya berharap, saat melahirkan anak kedua kelak, proses persalinan lancar.

  4. Trimakasih,artikel ini sangat membntu skali. Jadi saya punya gambaran kira2 akan seperti apa nanti. Maklum ini kehamilan pertamaq. InsyaAllah bln dpn babynya dh lahir. Minta doanya y,moga lancar smuanya,amin

  5. pendarahn di trimester 1 bwt aq putus asa,alhamdulillah allah msh percaya ti2pkan de2k ke aq yg menurut prediksi dokter lahir 6 okt 2010.Moga2 lancar smua,amin….

  6. Info yang sangat berguna bagi saya…, saya sdng mengandung 7,5 bln..,mohon doanya ya supaya bisa melahirkan dengan selamat….!?!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s