Keguguran Karena Rahim Tipis?


Yth. dr. Sofie,

Usia saya 28 th, sudah menikah hampir 2 tahun tapi belum dikaruniai anak. Selama itu pula saya sudah mengalami dua kali keguguran. Yang pertama, beberapa bulan setelah menikah saya hamil, menginjak bulan ke-2 kehamilan saya mengalami mulas yang sangat hebat. Setelah diperiksa ke dokter kandungan ternyata sudah mengalami pembukaan sehingga kandungan saya harus dikuret. Kedua, sekira dua bulan lalu saya dinyatakan hamil kembali, tapi menginjak minggu ke-7 saya mengalami perdarahan, diikuti keguguran spontan (tanpa harus dikuret, janin sudah keluar sendiri). Menurut dokter, hal tersebut terjadi karena rahim saya yang tipis sehingga janin tidak mau menempel pada dinding rahim.

Pertanyaan saya:

1. Apa yang sebenarnya terjadi dalam rahim saya? Apa penyebabnya?

2. Pengobatan apa yang harus saya lakukan?

3. Bisakah saya hamil lagi dengan baik?

Terima kasih atas jawabannya.

Ny. Maemudah – Kuningan

Ibu Maemunah yth, telah dua kali mengalami keguguran/abortus spontan yang berturut-turut. Pada hakikatnya tidak 100% wanita hamil akan mengalami kehamilan yang berakhir dengan baik selama 9 bulan. Sekira 8 – 11 % kehamilan berakhir dengan keguguran, sekira 3 -5% mengalami keguguran yang berulang. Penyebabnya kebanyakan bukan pada rahim ibunya, melainkan pada bibitnya (genetik/kelainan kromosom) janin. Sekira 70% keguguran pada 12 minggu pertama penyebabnya adalah kelainan kromosom. Selebihnya, penyebabnya dapat karena kelainan pada rahim ibu seperti adanya miom/tumor jinak rahim, kelainan bentuk rahim bawaan (defek pada uterus atau adanya sekat); perlekatan pada uterus sinekhia atau akibat kuret yang terlalu dalam); kelainan hormonal seperti pada penyakit kelenjar gondok, kemih manis, kurang progesteron luteal phase defect yang mungkin oleh dokter ibu dijelaskan pada pasien sebagai tipisnya selaput rahim sehingga janinnya “tidak menempel”. Penyebab yang harus dipikirkan adalah infeksi oleh toksoplasma (parasit yang hidup pada kucing dan ditularkan lewat kotorannya); Yang lebih jarang adalah kelainan imunologis yang dikenal sebagai “sindroma anti fosfolipid”. Untuk mengetahui penyebabnya dan mengantisipasinya agar tidak terjadi lagi, ibu dapat kembali pada dokter ibu dan mendapat pemeriksaan laboratorium yang diperlukan, serta pengobatan atau persiapan kehamilan yang lebih baik. Tergantung penyebab dan penanganannya, maka Insya Allah ibu akan dapat hamil kembali, dengan hasil kehamilan yang baik.***

diambil dari ::pikiranrakyat::

One thought on “Keguguran Karena Rahim Tipis?

  1. Iya nih saya juga mengalami keguguran bulan januari 2009 lalu. tapi penyebabnya belum jelas. sudah tes torch hasilnya negativ. sekarang malah hamil lagi, kehamilan yg kedua. iya semoga kali ini sehat jasmani dan rohani.
    jadi pingin tau lebih banyak tentang kelainan genetik/kromosom,kenapa bisa terjadi begitu?
    trims.

Tinggalkan Balasan

