Kaki Bengkak sewaktu Hamil


Sumber: ibu ibu DI

Tanya
Bagaimana caranya ngilangin/ngurangin bengkak di kakinya? Apakah direndam air panas? Menurut dia, konsumsi garam sudah dikurangi dan tidurnya pun kakinya sudah diangkat, tapi masih tetep bengkak. (Y)

Jawab
Waktu aku hamil, waktu kerja dikantor, kakiku nggak menggantung. Caranya kaki nggak langsung menginjak lantai melainkan di tambah atau diganjal sesuatu (contohnya bangku jongkok). jadi kaki menginjak bangku jongkok itu. Terus hampir tiap malam sepulang dari kantor, aku rendam kakiku dengan air hangat ditambah garam. semoga membantu ya (Yu)

Usahakan kaki jangan sering menggantung, jadi kalau lagi duduk misalnya kaki jangan melambai tapi menjejak sesuatu. Lebih baik lagi kalo posisi kaki sama tinggi dengan pinggul, diselonjorkan, atau duduk bersila, tapi jangan ditindih sama pantat kakinya. Telapak kaki saling bertemu di depan selangkangan, punggung tegak. Aku senang banget posisi ini, sambil ngetik juga aku berposisi kayak gini, bukan cuma waktu hamil, sekarang juga suka kalau pas lagi sepi gak banyak orang. Juga waktu makan (di rumah, selama hamil) aku pertahankan posisi bersila dan punggung tegak, membantu bayi untuk stay di posisi yang benar, kata buku dan dsog (St)

Coba minum air rebusan kacang hijau yang direbus jangan sampai pecah. sampai air rebusannya berubah kehijauan saja dan rendam kaki dengan air hangat+garam mudah-mudahan membantu (De)

Setauku malah jangan diangkat terlalu tinggi, apalagi hamil besar. coba tidur miring kekiri, 10-15 menit, kalo cape ganti miring kanan, tapi lebih bagus miring kiri, ntar berkurang bengkaknya (ini aku baca dari buku, soalnya aku nggak ngalamin sendiri). trus jangan berdiri terlalu lama, selingi jalan atau duduk. (Ic)

diambil dari ::duniaibu::

Tinggalkan Balasan

