Varises di Rahim, Benarkah?


Assalaamu’alaikum,

Alhamdullilah, Januari kemarin saya melahirkan bayi perempuan, berat badan 3,5 dan panjag 50 cm dengan normal dan bayi saya sehat. Masalahnya, pasca melahirkan kira-kira 5 jam dari melahirkan saya mengalami pendarahan lalu saya dilarikan ke rumah sakit. Kemudian oleh tim medis saya divonis ada varises di rahim yang meyebabkan terjadinya pendarahan.

Mungkin gak dok, pendarahan terjadi karena setelah melahirkan (beberapa jam setelah melahirkan) saya ke kamar kecil teus jatuh, dan bukan karena ada varises pada rahim?

Kata dokter yang menangani saya, seharusnya saya tidak melahirkan secara normal tapi melewati operasi cesar dan jika saya ingin menambah anak lagi maka saya harus cesar. Benar tidak, dok? Mengingat biaya operasi sangat mahal, masih adakah kemungkinan saya melahirkan dengan normal?Dan kira-kira apa ya dok, penyebab adanya varises pada rahim/vagina? Dan cara menanggulanginya? Tolong, ya dok, jawabannya. Terima kasih.

DS

Jawaban

Assalaamu’alaikum wr. wb.

Bunda Nabila di Lampung, perdarahan setelah melahirkan dapat terjadi karena terlepasnya sebagian plasenta dari rahim dan sebagian lagi belum; karena perlukaan pada jalan lahir atau karena atonia uteri. Untuk mengetahui penyebab perdarahan yang ibu alami beberapa jam setelah melahirkan itu perlu pemerikaan secara langsung, kondisi rahim, leher rahim, liang kemaluan dan alat kandungan bagian luar. Perlukaan pada jalan lahir dapat menyebabkan robekan pada varises yang terdapat di rahim.

Varises sering ditemukan pada triwulan terakhir kehamilan, di alat kandungan bagian luar, daerah belakang lutut, kaki dan betis. Varises juga dapat terjadi di liang kemaluan (vagina) dan leher rahim (serviks). Pada kehamilan berikut kadang varises yang ditemukan pada kehamilan terdahulu, timbul kembali pada triwulan pertama. Kadang-kadang timbulnya varises merupakan gejala pertama kehamilan muda.

Penyebab sesungguhnya dari pelebaran pembuluh balik belum diketahui. Kehamilan merupakan faktor predisposisi pertama terjadinya varises, karena tekanan langsung pada pembuluh balik menyebabkan alirannya terganggu. Tekanan pembuluh balik akan meninggi, volume darah akan bertambah sehingga pembuluh balik akan melebar. Pada suatu waktu tekanan dalam pembuluh balik akan melebihi kekuatan elastisitas dinding pembuluh dan terbentuk varises.

Varises di vagina dan serviks beresiko terjadinya robekan pada saat persalinan, dalam hal ini tindakan pembedahan perlu dipikirkan. Biaya persalinan dengan pembedahan memang cukup tinggi, namun resiko perdarahan penting dipikirkan karena juga dapat membahayakan ibu. Untuk antisipasi masalah biaya mungkin ibu bisa mulai membuka tabungan persalinan.

Wassalaamu’alaikum,

diambil dari ::eramuslim::

2 thoughts on “Varises di Rahim, Benarkah?

  1. dok sy mau tanya saya terkena varises rahim sedang saya blm pernah pny anak tp saya sdh pernah keguguran 3x yg saya mau tanyakan apakah yg punya varises rahim seperti saya bisa hamil kembali dok???

  2. Assalamuaikum, saya nurfaizah. soalan yang ingin saya tanya adalah berkenaan rahim wanita. menurut seorang kakak, beliau mengatakan perempuan tidak harus mengangkat berat berat kerana bimbang rahim akan jatuh. justeru, saya masih ragu-ragu sama ada betulkah apa yang diceritakan itu? lagi kuat, dia sendiri mendengar dari ibunya. dan apakah kesan daripada rahim jatuh? adakah seseorang perempuan itu akan mudah mengalami keguguran?
    saya adalah salah seorang daripada pelajar universiti utara malaysia.wasalam.

Tinggalkan Balasan

