Kehamilan Bermasalah yang Anda Wajib Tahu


 
Kehamilan bermasalah? Sudah tentu ini bukan hal yang menyenangkan bagi calon ibu. Kadangkala masalah kehamilan tak dapat kita tolak. Makanya, semakin cepat masalah kehamilan ini diketahui, akan semakin baik.
Pada intinya, ada empat kehamilan bermasalah yang dapat diketahui pada triwulan pertama, yang biasanya ditandai dengan pendarahan dan kemudian keguguran (abortus).
Yuk cek apa saja:
1. Hamil anggur
z
Unik, karena janin di dalam rahim berbentuk gelembung-gelembung putih mirip anggur. Gelembung-gelembung (diamater 1 mm hingga 2 cm) ini sebenarnya degenerasi hidropik dari villi chorialis.
z
Perkembangan sel telur yang seharusnya menjadi janin justru terhenti, yang terus berkembang adalah sel-sel trofoblas yang nantinya akan menjadi plasenta dan membentuk gelembung-gelembung berisi cairan. Diameter ukuran antara 1 milimeter sampai 1 – 2 sentimeter.
z
Ditandai dengan kehamilan yang lebih besar dari umur kehamilan pada umumnya, mual muntahnya pun lebih hebat.
z
Hamil anggur bisa juga diketahui dengan cara mengukur kandungan hormon HCG (Hormon Chorionic Gonadotrophin) di dalam air seni atau darah.
z
Tidak selalu mengakibatkan keguguran spontan.
z
Hamil anggur bisa mengakibatkan krisis hormon tiroid dalam darah, yang juga dapat mengakibatkan kematian ibu. Pendarahan dari vagina merupakan gejala utama hamil anggur.
2. Kehamilan kosong (blighted ovum)
z
Kehamilan tanpa janin atau telur kosong ini termasuk jenis keguguran yang spontan, karena tidak ada pertumbuhan janin di dalam rahim atau kosong, hanya berisi cairan, maka akan keluar dengan sendirinya, dan berakhir dengan keguguran.
z
Biasanya baru diketahui saat kehamilan memasuki usia pertengahan triwulan pertama, karena memang pada awalnya kehamilan berjalan baik dan normal tanpa ada tanda-tanda kelainan.
z
Lakukan USG pada kunjungan pertama sehingga sejak dini dapat diketahui kehamilannya ada di dalam atau di luar.
z
Sekitar 60 persen kehamilan kosong disebabkan kelainan kromosom dan gen. Sisanya disebabkan berbagai faktor, seperti infeksi, Diabetes Melitus yang tidak terkontrol, kelainan imunologi, dan kelainan yang berasal dari sel telur dan sperma.
z
Pada dasarnya, kehamilan kosong tidak berdampak pada keselamatan si ibu, namun tetap harus diwaspadai akibat dari komplikasi tindakan yang dilakukan.
3. Hamil di luar kandungan
z
Kehamilan yang terjadi di luar tempat yang semestinya. Adanya di saluran tuba, atau saluran indung telur, yaitu saluran yang tidak siap untuk menerima kehamilan.
z
Pada saat kehamilan sudah memasuki usia besar akan pecah dan timbul pendarahan. Ini dapat mengakibatkan kematian si ibu, karena ketika pecah, terjadi pendarahan di dalam perut.
z
Tanda-tanda yang terjadi pada kehamilan di luar kandungan yang lebih dominan adalah nyeri perut, kemudian terjadi pendarahan pada vagina, disertai dengan keadaan umum ibu yang makin menurun dan pucat.
z
Pendarahan terkumpul pada rongga perut. Karena pada ibu hamil, tidak boleh mengalami pendarahan pervagina sebelum waktu persalinan, maka jika sudah ada tanda-tanda pendarahan, segera cari pertolongan.
4. Mudigah
z
Tetap menunjukkan tanda-tanda kehamilan pada umumnya, seperti nyeri perut dan perdarahan.
z
Kematian mudigah dapat terjadi karena kelainan kromosom, dimana mudigah atau janin sudah mati, tidak berbentuk hormon-hormon lagi.
z
Plasenta dianggap benda asing, dan akan dikeluarkan oleh tubuh, sehingga berakibat keguguran, dengan gejala utama terjadi pendarahan.

diambil dari ::hanyawanita.com::

5 thoughts on “Kehamilan Bermasalah yang Anda Wajib Tahu

  1. saya mau nanya ni, saya sekarang sedang hamil ke 2 dan kehamilan pertama dulu saya BO, setelah 3 bulan saya hamil lagi, tapi di kehamilan ini saya khawatir karena ketika usg di usia 7w3d kantong janinnya kecil seperti 5w. tapi saya tdk mengalami pendarahan atau flek, bahkan nyeri perut pun tidak. apa mungkin kehamlan saya dapat di pertahankan?

  2. saya mau tanya
    setelah dilakukan USC, dokter mengatakan bahwa istri saya hamil dan janin berusia 7 minggu, tetapi dokter juga melihat lewat USG bahwa ada kehamilan kosong yang gak ada janin diluar rahim istri saya. Dia menyarankan untuk kuret, tetapi kami masih berpikir tentang hal tersebut, Apakah kehamilan kosong diluar rahim bisa luruh atau gugur secara normal dan tidak mengganggu janin yang ada dirahim ? terimakasih banyak atas share-nya

  3. saya mau tanya..

    selepas aku tidak mens beberapa minggu kemudian aku chek menggunakan test kehamilan tapi hasilnya negetif. Jadinya aku tidak ke dokter tetapi sehingga kini aku masih tidak mens.. iaitu sudah 2 kali mens aku tidak hadir.. adakah aku hamil

  4. Bibi Lung mo tanya dong….

    Aku sedang hamil +/- 5 minggu…wkt kehamilan 4 minggu aku check ke dokter & melakukan USG diatas perut & di dalam Vagina. Berdasarkan kedua USG tsb, dokter bilang belum ada kantung janin yang terlihat.

    Sampai saat ini aku tidak mengalami Morning Sickness, hanya kadang merasa lelah & kadang tidak nafsu makan, tapi tanpa mual2, saya jg tidak mengalami pendarahan. Yang saya alami hanyalah pembengkakan pada payudara.

    Saya takut sekali mengalami Kehamilan kosong. Perlu kah saya melakukan USG ulang?

    Note: kebetulan saya memiliki teman yang usia kehamilannya hampir sama dgn saya, malah lebih muda. Tp kantung janinnya mulai terlihat.

    Pad

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s