Kehamilan Sehat, Mulai Hidup Sehat


Bila anda merencanakan dan mempersiapkan kehamilan secara matang, maka otomatis bayi dalam kandungan akan baik-baik saja. Selain itu saat bayi lahir dalam keadaan sehat fisik dan psikis tanpa cacat sedikit pun. Hal tersebut didukung oleh kondisi kesehatan calon ayah dan ibu yang optimal dan merupakan salah satu cara mencegah ketidaknormalan sel calon janin. Sebab, orangtua yang sehat akan membuahkan janin yang sehat pula.

Janin dalam rahim membutuhkan makanan yang sehat, yang diperoleh dari apa yang anda makan setiap harinya. Mengoptimalkan gizi merupakan persiapan pertama bagi anda. Hal tersebut untuk mengantisipasi pemenuhan kebutuhan janin anda nanti serta memperoleh sel telur yang berkualitas tinggi.

Mengoptimalkan gizi sangat penting, karena pada awal kehamilan biasanya calon ibu akan mengalami mual-mual serta muntah-muntah sehingga dapat menurunkan kondisi gizinya. Padahal justru periode tersebut merupakan masa pembentukan organ tubuh janin dan sangat membutuhkan makanan yang sehat dari anda. Jadi kalau anda tidak memiliki cadangan makanan yang mencukupi, maka ia akan mengalami kekurangan unsur makanan tertentu. Sehingga janin akan rentan terserang penyakit atau menderita cacat bawaan.

Persiapan kedua yang dapat anda lakukan adalah menjaga janin agar tidak menderita penyakit infeksi yang masih aktif, terutama infeksi yang dapat menular ke janin. Sebagian besar penyakit infeksi yang masih aktif pada awal kehamilan, dapat menular ke janin sehingga menyebabkan cacat pada janin.

Mulailah untuk membiasakan diri dengan hidup sehat, karena tanpa anda sadari banyak kebiasaan yang dapat mempengaruhi kesehatan anda. Memang tidak mudah untuk mengubahnya, namun kehamilan merupakan dorongan yang paling besar untuk memulai hidup sehat.

Ada baiknya lakukan pemeriksaan ke klinik atau laboratorium untuk mengetahui apakah anda berdua sedang tidak terinfeksi aktif oleh suatu penyakit. Mengetahui sedini mungkin lebih baik daripada terlambat menyadarinya. p2t (PEREMPUAN)

Iklan

One thought on “Kehamilan Sehat, Mulai Hidup Sehat

  1. makasih… atas infonya. tapi, saya pengen tanya, kenapa saya masih sering mual, bahkan sampai muntah di usia kehamilan 5 bulan?
    tapi, memang sejak sebelum hamil saya gampang muntah, misalnya saat sakit atau bepergian dan kedinginan, kecapekan.
    apa ini wajar?
    apakah makanan yang saya makan juga dapat mempengaruhi rasa mual?
    saya sudah berupaya mencari info tentang makanan sehat dan manfaatnya agar dapat berdiet dengan tepat karena saya cenderung gemuk sejak sebelum hamil.
    mohon sharingnya..
    makasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s