Banyak Makan Berlemak, Daya Ingat Anak Terhambat


MERUYAKNYA makanan junk food memang membuat anak-anak lebih ceria dan asik. Ketika mengajak bocah ke mal, biasanya telunjuknya menuding salah satu dari makanan siap saji yang berorientasi western. Tetapi perlu diingat, makanan seperti itu mengandung lemak cukup tinggi. Menurut penelitian, lemak jahat dapat menghambat perkembangan mental anak-anak. Bahkan, sering menyebabkan terganggunya daya ingat.

Memang, penelitian awal dilakukan terhadap tikus. Bukan berarti menyamakan anak-anak dengan santapan kucing itu, tapi begitulah ulah para ilmuwan. Tikus diberi makanan dengan tambahan lemak 10% . Setelah beberapa bulan, tikus-tikus itu menunjukkan proses mengingat lebih lambat dibanding tikus yang mendapatkan lemak normal. Tentu saja, percobaan dari Baycrest Centre for Geriatric Care di Toronto, Kanada itu mengejutkan para peneliti. Disimpulkan, dengan kandungan lemak yang tinggi dalam darah, dampaknya, dapat mengganggu kinerja seluruh percobaan.

Lemak yang menebar lewat aliran darah, mencegah kerja otak dalam menyerap seluruh energi dari gula darah, sehingga menyebabkan terjadinya gangguan pada perkembangannya. Hal ini bila diterapkan pada anak-anak, betapa berbahayanya. Sebab, pada anak-anak, otaknya masih lebih rapuh dibanding otak orang dewasa.

Kebiasaan makan ayam goreng, pizza, hotdog dan makanan sejenis yang senantiasa melibatkan bahan-bahan berlemak, ternyata berbahaya bagi perkembangan daya ingat anak-anak. Apalagi disertai gaya hidup yang kurang gerak dan senantiasa mengonsumsi makanan kaleng, hal itu merupakan penyebab terjadinya kegemukan. Artinya, orang dengan berat badan berlebih, notabene kelebihan lemak, otaknya tidak secerdas orang dengan lemak cukup. [Nitra n]

Hangtuah Digital Library: Minggu Pagi, Sabtu, 25 Januari 2003

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s