Risiko Jarak Kehamilan Terlalu Dekat


Reporter: Catur Meiwanto

Mempunyai anak dengan jarak kehamilan terlalu dekat, bukanlah ide yang positif, sesuai dengan hasil penelitian yang dipublikasikan the British Medical Journal

Para peneliti mengatakan bahwa wanita dengan interval yang pendek antara 2 kehamilan mempertinggi resiko terjadi komplikasi seperti kelahiran prematur dan keguguran. Salah seorang peneliti, Gordon Smith beserta kolega menganalisa informasi lebih dari 89.000 wanita setelah kehamilan kedua. Wanita yang mempunyai jarak kehamilan kurang dari 6 bulan, mengalami lebih banyak komplikasi daripada wanita dengan jeda kehamilan lebih lama.

Penemuan ini juga menunjukkan, bahkan wanita yang hamil pada kesempatan pertama berjalan sehat dan tanpa masalah, mengalami komplikasi seperti kelahiran prematur dan keguguran saat mereka hamil kembali dalam interval yang dekat. Peneliti mengesampingkan wanita yang telah mengalami komplikasi yang terjadi pada kehamilan pertama.

Mereka menduga bahwa hubungan antara jarak kehamilan terlalu dekat dan kelahiran prematur kemungkinan disebabkan kekurangan protein yang membantu kehamilan lahir secara normal. Lebih lanjut, interval yang pendek dari jarak kehamilan, mengakibatkan protein ini tidak mempunyai kemampuan untuk mempertahankan usia kecukupan kehamilan. Penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk membuktikan teori ini untuk menafsirkan hubungan antara interval kehamilan dan problem kehamilan.

Wanita seharusnya menyadari bahwa meskipun sedikit tapi signifikan penambahan resiko kelahiran prematur dan keguguran ketika hamil dalam interval yang dekat setelah melahirkan, demikian pernyataan dari para peneliti. Mereka merekomendasikan agar berkonsultasi dengan dokter untuk mendiskusikan metode kontrasepsi yang akan digunakan setelah kelahiran.

© 2002 detikcom, All Rights Reserved. Hangtuah Digital Library

11 thoughts on “Risiko Jarak Kehamilan Terlalu Dekat

  1. sy ibu rumah tangga 22th sdg hamil k2 4mg lebih,anak k1 sampai saat ini msh dsusui dan akan sy beri hingga usianya 2th,yg ingin sy tanyakan,adakah resiko bg saya dn anak2 sy dr segi ksehatn fisik&mental? adakah tips supaya sy ttp bugar wlw sdg hamil dn mnyusui,krn skrg k0ndsi fisik agak lemah,tdk nafsu makan,mdh cepat cape,dn dtambah sering mual krn lg ngidam… terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s