Kadar ‘Fluoride’ Tinggi Ancam Kesehatan Anak


Delapan merek pasta gigi anak yang beredar di pasar ditemukan memuat kandungan fluoride melebihi ambang batas yang ditentukan. Bila tertelan, zat pencegah gigi berlubang itu dalam jangka panjang bisa merusak sistem saraf dan merapuhkan tulang (osteoporosis) anak.

Demikian hasil riset Lembaga Kesehatan Jakarta Public Interest Research and Advocacy Center (LKJ PIRAC) pada September-Oktober 2002, yang diumumkan kemarin di Jakarta.

Menurut Koordinator Program LKJ PIRAC As’ad Nugroho, penelitian dilakukan dengan mengambil sampel sembilan merek pasta gigi anak yang beredar di pasaran. Dan hanya satu merek yang kandungan fluoride-nya dikategorikan aman.

As’ad mengatakan, fluoride yang dipercaya berguna mencegah gigi berlubang membahayakan kesehatan kalau tertelan. Dan kadar fluoride pada delapan merek pasta gigi anak tersebut ternyata cukup tinggi.

“Sejak 60-an, muncul kontroversi soal manfaat fluoride di dunia. Mereka yang pro yakin bahan itu membantu kesehatan gigi. Sedangkan yang kontra menyatakan zat tersebut dapat menimbulkan efek samping berbahaya bagi kesehatan,” jelas As’ad.

Namun belakangan, As’ad menambahkan, makin banyak ilmuwan mempertanyakan keuntungan pemanfaatan fluoride dalam pasta gigi, bahkan dengan jumlah yang sedikit sekalipun.

Beberapa negara di Eropa, misalnya, kata As’ad, melarang pemakaian fluoride, karena ditemukan berbagai kasus penyakit kerapuhan tulang (osteoporosis) dan kerusakan sistem saraf.

Ia mengungkapkan kekhawatiran ini terjadi pada pasta gigi anak karena besar kemungkinan mereka menelannya saat menyikat gigi, karena mereka belum mampu mengeluarkan hasil kumurnya.

Uji laboratorium

Lebih lanjut, As’ad menjelaskan, riset dilakukan dengan menggunakan dua tahap pemeriksaan. Pertama, mengujinya di laboratorium Balai Besar Industri Kimia Depperindag. Kedua, dengan menghitung kandungan yang tertera di label.

Dari analisis tersebut, peneliti LKJ PIRAC Iman Firmansyah menegaskan, 8 di antara 9 merek mengandung fluoride melebihi 1.000 part per miligram (ppm). Artinya, hanya satu merek yang kadarnya di bawah 500 ppm dan merupakan produk impor.

Ia mengatakan, ditemukan pula perbedaan jumlah kandungan zat ini secara signifikan pada hasil uji laboratorium dengan penghitungan berdasarkan yang tercantum dalam kemasan.

Memang, jelasnya, Indonesia menetapkan standar 800-1.000 ppm, cuma apabila angka ini terus dipertahankan, kelak akan sangat membahayakan kesehatan anak-anak di negara kita.

Alasannya, Selandia Baru bersama negara-negara di Australia, dan yang termasuk kelompok Uni Eropa, telah menurunkannya menjadi 250-500 ppm dari sebelumnya 1.000-1.500 ppm. “Standar di AS dan beberapa negara lain masih 1.000-1.500 ppm.”

Tapi, Iman melihat, Food and Drug Administration (FDA) AS telah mengeluarkan peringatan dan wajib dicantumkan di label bahwa apabila timbul sesuatu yang tidak diinginkan, segera hubungi kalangan profesional.

Selain itu, ia menuturkan produsen wajib pula mencantumkan peringatan bahwa pasta gigi yang dipakai untuk anak-anak jangan diberikan terlalu banyak, tetapi sedikit saja.

Menurut Iman, dari sembilan merek yang diteliti cuma satu yang mencantumkan peringatan itu di labelnya, yaitu pasta gigi anak impor dari Australia. Peringatan itu pun masih dalam bahasa asing, bukan bahasa Indonesia.

Ironisnya, Iman mengemukakan, delapan merek produk lokal yang disurvei memberikan tambahan berupa rasa buah kesukaan anak-anak, di antaranya strawberi, jeruk, maupun anggur.

Tambahan rasa inilah yang malah dianggap mengancam kesehatan anak-anak karena mereka terdorong untuk menelannya, sehingga terjadi kelebihan dosis.

Untuk itu, kata Iman, LKJ PIRAC akan meminta kepada Badan Pengawas Obat dan Makanan (POM) untuk menetapkan standar fluoride dalam pasta gigi anak 250-500 ppm. Maksudnya, lembaga pemerintah nondepartemen tersebut dituntut untuk melakukan regulasi dalam peraturan yang berkaitan dengan produk pasta gigi, terutama buat anak-anak.

Permintaan yang sama berlaku terhadap produsen supaya menurunkan kadar zat ini dan kepada mereka diharapkan pula untuk menghilangkan tambahan rasa buah dalam produknya. Selain itu, produsen didesak agar mengganti tulisan dalam kemasan yang berupa persentase kandungan fluoride dengan jumlah dalam bentuk ppm. (Rse/V-4)

Copyright © 1999-2002 Media Indonesia.  Rabu, 30 Oktober 2002. Hangtuah Digital Library

7 thoughts on “Kadar ‘Fluoride’ Tinggi Ancam Kesehatan Anak

  1. tolong donk,,,, kmi ini brniat mo menjaga kesehatan buknnya merusk keshatan kami ,,,
    nh kl kya gtu otomatis akn menmbah penykit untuk kami lagi kan,,,!!!!

    tolong flouride dlm semua pasta gigi a dikurangilah kadarnya,, kl memangx pasta gigi it bisa tanpa floride ya tidak usah ditambahkan flouride dri pada mendatgkan bahaya kann!!!!!!!!!!

  2. kq merk berbahayanya ga di expose? qta khan jd ga tw mana yg baik utk kesehatan atw yg ga baik.
    fluoride itu sangat amat ga baik utk kesehatan, dan slain itu, TIGA BAHAN DALAM PASTA GIGI YG DINILAI BERBAHAYA adalah :
    1. FLUORIDE
    2. SORBITOL
    3. SODIUM LURYL
    intinya ::
    PEMAKAIAN FLUORIDE adalah KESALAHAN ILMIAH TERBESAR SEPANJANG ABAD INI

    • loki :
      00Rate This

      PDRTJS_settings_496721_comm_366 = {
      “id” : “496721”,
      “unique_id” : “wp-comment-366”,
      “title” : “eh%2Cyg+bt+fakta+g+ada+y%3Fcz+saya+sedang+bkin+percobaan+tentang+fluoride.jd+klo+bs+dikasih+data+yg+agak+lengkap+tentang+bahaya+fluoride+ini….”,
      “item_id” : “_comm_366”,
      “permalink” : “http%3A%2F%2Fbibilung.wordpress.com%2F2007%2F08%2F04%2Fkadar-fluoride-tinggi-ancam-kesehatan-anak%2F%23comment-366”
      }
      eh,yg bt fakta g ada y?cz saya sedang bkin percobaan tentang fluoride.jd klo bs dikasih data yg agak lengkap tentang bahaya fluoride ini.

      sama saya juga tapi gimana ya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s