Susah Mencerna Makanan


Susah Mencerna Makanan Anak saya umur 20 bulan, saat umur 14 bulan tidak mau menyusu, sekarang minumnya susu kaleng. Perkembangan berat badannya sangat sedikit, dalam 1 bulan kadang naik 100-200 gram, kadang turun.Sekarang berat badannya 9,2 Kg. Setiap dia buang air besar, yang keluar apa yang dimakannya (utuh). misal dia abis makan bayam, yang keluar saat buang air ya daun bayam, dia makan jagung yang keluar butiran jagung dan lain sebagainya. Sehari dia BAB antara 3 sampai 6 kali. Kondisinya sehat, agresif dan sangat aktif. Yang saya tanyakan makanan apa yang sebaiknya saya berikan kepada anak saya tersebut? Bagaimana cara mengatasi permasalahan anak saya tersebut? Demikian pertanyaan saya, sebelumnya saya ucapkan terima kasih. SARYADI, 32 tahun

 Jawaban :

Halo Pak Saryadi, sebetulnya membaca surat Bapak, kami jadi agak khawatir, karena sepertinya system pencernaan anak Anda tidak mampu mencerna makanan secara sempurna, akibatnya apa yang ia makan akan keluar lagi dalam bentuk utuh. Kondisi ini jika dibiarkan terus menerus akan berbahaya, karena jika makanan tidak tercerna, artinya nutrisi dalam makanan juga tidak terserap dengan sempurna, akibatnya hampir tidak ada zat gizi yang masuk ke tubuh anak Anda, terbukti dengan kurangnya perkembangan berat badan anak Anda.

Pak Saryadi, proses pencernaan makanan kita sebetulnya dimulai dari mulut, yaitu proses mengunyah. Jika yang menjadi kendala pada anak Anda adalah sulitnya mengunyah makanan (dari cerita Anda bahwa kadang keluar butiran jagung dari fesesnya), ada baiknya anak Anda diberi makanan yang lebih lembut. Cobalah memproses atau memblender sayuran, serta mengganti nasi dengan bubur buatan sendiri. Karena jika tidak dikunyah, makanan akan masuk dalam potongan-potongan besar yang sulit diproses lebih lanjut di lambung dan usus halusnya. Selain itu tambahkan telur rebus yang dihancurkan pada campuran bubur untuk menambah asupan protein dan lemak. Proses ini mungkin akan berjalan agak lama untuk membiasakan anak Anda mencerna makanan dengan baik, namun dengan kesabaran dan ketekunan insya Allah bisa membantu. Untuk susu kaleng, cobalah untuk memberikan susu kaleng yang dilengkapi dengan vitamin dan mineral yang bisa membantu pencernaannya dan juga untuk otaknya.

Cobalah berkonsultasi langsung ke dokter anak untuk memeriksakan kesehatan pencernaannya, karena pada usia di atas satu tahun, umumnya buang airnya sudah normal, setidaknya satu atau dua kali sehari, dan di atas 2 kali sehari bisa dikategorikan diare, yang artinya ada gangguan pada saluran perncernaannya. Jika ada infeksi atau gangguan pada saluran pencernaan, sangatlah mungkin hal tersebut yang mengganggu proses pencernaan dalam tubuh anak Anda tidak bisa berjalan normal. Yang terpenting dari semuanya, jagalah kebersihan dan sanitasi di rumah dan juga lingkungan tempatnya bermain agar tidak sembarang kuman bisa masuk ke dalam tubuhnya.

Semoga jawaban kami bisa membantu Anda, salam dari Mediasehat!

2 thoughts on “Susah Mencerna Makanan

  1. Anak saya 2 januari nana usianya pas 2tahun,dari tgl 29 okt diare,fasesnya lembek cair sehari bab 3-4x setelah sakit 2 minggu bru k dsa dan dksh l bio dan lngsung sehari tidak bab dan bab krn dksh obt itu jd keras lg,tapi bsok2 nya lagi sampe skrang bab nya lembek lg bab bsa 1-2x sehari dan bdannya tetap kurus,apakah ada permasalahan d pencernaannya?krn bla mkn wortel dan bubur kcang ijo,d fasesnyapun suka ada geruntulan kcang ijo dan terlihat wortel,trimakasih atas jawabannnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s