Ketombe Pada Anak


Selamat Malam, Anak saya, laki-laki berumur 8 th, mempunyai ketombe yg sangat parah, Kulit kepalanya retak2 dan kadang2 ketombenya mengeras banyak sekali dan membuat rambut jadi kaku, malah pernah sampai membengkak sehingga mengeluarkan cairan seperti susu kental dan akhirnya rambut rontok membuat pitak dibeberapa tempat. Saya membawanya ke dokter kulit, pada saat itu dikatakan bahwa ada virus dan diobati. Setelah itu keadaan membaik, malah sempat kulit kepalanya bersih tampa ketombe, tapi tidak berlangsung lama. Sekarang timbul kembali dan sudah saya bawa dokter namun dokter mengatakan hal tsb beda dengan yg dahulu, sehingga hanya diberikan shampo anti ketombe saja. Saya jadi bingung, karena sampai saat ini belum ada kemajuan juga, malah makin parah, kepalanya mulai pitak lagi, ketombe mengeras banyak sekali. Apa yang harus saya perbuat? Saya ingin sekali berkonsultasi ke Dokter kulit yg bagus, tapi saya tidak tahu, dokter kulit mana yg nagus bisa membantu saya. Terima kasih atas konsultasinya, mudah-mudahan saya bisa mendapatkan jawaban secepatnya. Lenny Effendi, 37 tahun

 

Jawaban :
Ibu Lenny,

Ketombe yang amat parah bahkan sampai menimbulkan pitak-pitak di kepala anak Anda karena rambutnya ikut rontok, sangatlah mengkhawatirkan. Penyebab ketombe memang beraneka ragam, dari mulai kulit kepala yang kering dan pembentukan kulit kepala baru yang terlalu cepat sehingga mendorong kulit mati ke permukaan dalam jumlah banyak, bisa juga akibat adanya infeksi seperti seborrheic dermatitis, dan juga gangguan sistem imun seperti psoriasis, hanya saja psoriasis biasanya ditandai juga dengan adanya penebalan kulit mati di daerah-daerah lain seperti di jidat, leher, tangan, siku, lutut, dan kaki.

Saran kami, cobalah cari pendapat kedua. Ada baiknya Anda mendatangi klinik skincare yang ditangani oleh dokter kulit dan kosmetik, karena biasanya mereka lebih concern terhadap masalah-masalah yang sifatnya kosmetika (penampilan) dan memiliki peralatan pengujian yang lebih lengkap. Biayanya mungkin akan lebih mahal namun patut dicoba. Saat ini di berbagai kota besar sudah banyak berdiri skin care yang cukup besar dan lengkap. Cobalah untuk mencari tahu yang terdekat di kota Anda.

Semoga jawaban kami bisa memuaskan keingintahuan Anda. Salam dari Mediasehat, semoga cepat sembuh! (MediaSehat)

2 thoughts on “Ketombe Pada Anak

  1. Dear Bibi Lung,

    anak saya cewek saat ini usianya 13 bulan, rambutnya dia tipis dan kaku dan terasa kesad saat dibelai, selama ini saya hanya memberi dia shampoo setiap mandi pagi dan sejak lahir dia baru dibotakin 1 kali pada usia 3 bulanan ada pengaruhnya tidak ya soalnya sebelum dibotakin rambutnya tebal hitam dan lemas, bagaimana cara membuat rambut anak mudah diatur dan tidak kaku, mohon segera dijawab bu, terima kasih

  2. anak sy umur 9 bl. 2bln ini dia terganggu dg rasa gatal di kepala. Seperti ada kerak di kepala. Sy konsultasi dg doktr & diberi obat desolex lotion. Stlh memakai obat tsb, sptnya rambut anak sy tidak bertambah malah pd rontok. Sy coba ganti sampo anak sy tp tetap blm ada hasilnya

Tinggalkan Balasan

