Seksologi: Syarat Nikah, Bisa Hamil? Wah!


Oleh: Prof.DR.Dr. Wimpie Pangkahila, Sp. And, Dokter Ahli Andrologi dan SeksologiAda lelaki yang mensyaratkan kepada kekasihnya untuk hamil dulu baru bisa menikah. Mereka sudah biasa berhubungan intim selama dua tahun, tetapi tidak hamil juga. Kalau sampai akhir tahun ini belum hamil, pernikahan batal. Bagaimana kalau yang ternyata mandul adalah si lelaki?

Kasus:

“Saya seorang wanita berumur 29 tahun, pacaran selama empat tahun dengan pria berusia 32 tahun. Kami sudah melakukan hubungan seksual sejak 2 tahun terakhir tetapi sampai sekarang belum pernah hamil. Kami sengaja tidak menggunakan pencegahan apa-apa karena pacar ingin saya hamil. Saya khawatir kalau saya tidak hamil juga sampai akhir tahun ini, kami tidak jadi menikah. Pacar saya mau menunggu sampai akhir tahun. Kalau saya tidak hamil juga, kami tidak jadi menikah. Dari awal, pacar saya sudah memberi syarat mau mencari istri yang bisa memberi keturunan. Dia bilang keluarganya menginginkan anak, sehingga hurus menikah dengan wanita yang bisa memberi keturunan. Waktu pacar memberi syarat itu, saya jawab ‘Ya’, karena saya yakin dapat hamil dan memberi keturunan. Saya yakin begitu karena saya merasa sehat, dan saya punya tiga saudara. Keluarga ihu dan ayah juga keluarga besar. Dengan kenyataan ini, saya jadi ragu dan khawatir saya tetap tidak bisa hamil sampai akhir tahun ini. Sebab, saya sudah telanjur merasa sebagai istri walaupun belum menikah. Pacar saya juqa berat kalau harus tidak jadi menikah, tetapi dia harus punya keturunan sesuai permintaan keluarga.

Yang ingin saya tanyakan, mengapa saya tidak bisa hamil juga? Kami melakukan hubungan seks cukup sering, kurang lebih 4 kali dalam seminggu. Namun, saya sangat jarang bisa merasa puas. Kadang-kadang saya kecewa dan jengkel. Apakah karena sangat jaranq bisa puas jadinya saya tidak bisa hamil? Bagaimana caranya agar saya bisa hamil tidak lebih dari tahun ini? Saya malu kalau sampai tidak jadi menikah karena tidak bisa hamil.”

(T.R, Surabaya)

Jawaban:

Tidak Masuk Akal

Saya pikir ada tiga hal yang perlu direnungkan berkaitan dengan masalah Anda. Pertama, syarat yang diberikan oleh pacar Anda untuk menikah. Kedua, pacar Anda tidak mengerti mengenai kesuburan dan terjadinya kehamilan. Ketiga, keluarga pacar Anda juga tidak mengerti.

Pernikahan yang dilangsungkan dengan syarat tertentu saya pikir cukup rapuh. Mengapa? Karena kalau syarat tidak terpenuhi, pernikahan itu mungkin terancam putus. Apalagi kalau syarat itu ditentukan berdasarkan ketidakmengertian, seperti yang ditentukan oleh pacar Anda dan keluarganya.

Syarat yang ditentukan, yaitu Anda harus dapat memberikan keturunan, merupakan syarat yang tak dapat diterima oleh akal sehat dan tidak berdasarkan ilmu pengetahuan. Mestinya sejak awal Anda menolak syarat seperti itu. Namun, karena tampaknya Anda juga tidak mengerti, Anda bersedia saja menerima syarat yang tidak masuk akal itu.

Mampu hamil atau tidak bukan hanya ditentukan oleh pihak perempuan, melainkan juga oleh pihak pria. Jadi, kalau sampai kini Anda belum juga hamil, itu tidak berarti Anda tidak mampu memberikan keturunan. Bukan tidak mungkin itu berarti “pacar Anda tidak mampu membuat Anda hamil”.

Jadi, karena telah melakukan hubungan seksual yang teratur, tetapi ternyata Anda belum hamil juga, Anda dan pacar tergolong pasangan yang tidak subur (infertil). Penyebabnya mungkin gangguan kesuburan di pihak Anda, renungkan pula di pihak pacar Anda. Bahkan, kecenderungan pria mengalami gangguan kesuburan tampak semakin besar khususnya berkaitan dengan perilaku dan pola hidup yang tidak sehat.

Keduanya Diperiksa

  • Untuk memastikan gangguan kesuburan yang ada, diperlukan pemeriksaan, baik pada diri Anda maupun pacar.

Dengan pemeriksaan lengkap dapat diketahui gangguan kesuburan dan sistem reproduksi yang ada. Setelah itu barulah dilakukan pengobatan yang benar. Apakah gangguan kesuburan dan sistem reproduksi yang terjadi dapat diatasi atau tidak, itu masalah lain lagi. Yang pasti, hambatan orgasme yang Anda alami bukan merupakan penyebab tidak terjadinya kehamilan.

Jadi, sungguh tak rasional dan tidak adil kalau pacar Anda memberi batas waktu sampai akhir tahun untuk memutuskan jadi menikah atau tidak. Bagaimana kalau ternyata dia sendiri yang mengalami gangguan kesuburan, sehingga membuat Anda tidak dapat hamil?

Sayang sekali ya, masih ada pria masa kini yang berpendiriañ seperti pria pada masa lalu. Saya sarankan Anda menjelaskan kepada pacar Anda uraian saya ini lalu bersama-sama memeriksakan diri untuk mengetahui gangguan kesuburan yang terjadi.

Mudah-mudahan pacar Anda yang mengalami gangguan kesuburan, sehingga dia dapat menjelaskan dan menyadarkan keluarganya. Dengan demikian pernikahan tidak harus dibatalkan. Bukankah suka dan duka dalam sebuah pernikahan yang benar harus dihadapi bersama? @

Dari KOMPAS

2 thoughts on “Seksologi: Syarat Nikah, Bisa Hamil? Wah!

  1. Dok saya mau tanya, kalo wanita yg pernah keputihan, bisa hamil ga?
    Dulu sebelum menikah saya pernah mengalami keputihan dan bau tidak sedap. Tapi setelah menikah tidak lagi. Yg jadi masalah dan selalu membuat saya kuatir itu krn sampai sekarang saya blom mendapatkan keturunan, padahal sudah menikah ½ taon (6 bulan) ini.

    Atas perhatiannya saya ucapkan Thx.

  2. dok, gimana caranya biar istri saya cepat hamil.. saya sudah dua tahun menikah dan belum di karuaniai anak. saya dan istri suadah periksa ke dokter kandungan untuk istri dan ke dokter spesialis andrologi untuk saya.. saya ada varicocele tapi di kasi obat oleh dokter dan sebulan kemudian di lakukan test sperma kata dokter hasilnya udah normal dan istri saya juga tidak ada kelainan apa-apa munurut hasil lab maupun hasil diagnose dokter.
    sekarang apa yang semestinnya say lakukan???..
    Atas perhatianya saya ucapkan banyak-banyak termiakasih
    Sugara

Tinggalkan Balasan

