Wanita Obesitas Berisiko Lahirkan Bayi Rentan Penyakit


Satu lagi bukti mengapa wanita hamil perlu melakukan olahraga dan menjaga asupan kalori, karena sebuah studi menunjukkan kalau bayi yang dilahirkan oleh wanita yang kegemukan (obesitas) memerlukan perawatan intensif. Bayi-bayi ini juga lebih rentan terhadap kerusakan tabung syaraf. Demikian menurut the Public Affairs Committe of the Teratology Society yang dimuat dalam situs kesehatan news-medical.net.

Hasil penelitian tersebut membandingkan wanita dengan berat tubuh normal dengan wanita yang memiliki body mass index (BMI) lebih tinggi, bayi yang dilahirkan wanita dengan BMI tinggi beresiko lebih besar terganggu pertumbuhannya. Meskipun operasi penghilangan lemak ternyata bisa meningkatkan kesehatan dan kesuburan wanita gemuk, tetapi tidak dianjurkan untuk melakukan operasi tersebut.

Komite ini merekomendasikan para wanita agar menjaga berat badannya dengan cara memperhatikan jumlah kalori yang dikonsumsi sebelum mereka hamil. Wanita yang kegemukan berpeluang terkena berbagai penyakit, termasuk resiko tidak subur (infertil) dan masalah selama kehamilan, darah tinggi dan diabetes. Pada saat melahirkan, wanita yang obesitas lebih membutuhkan operasi caesar. Sebuah studi di Prancis menemukan bahwa wanita yang kegemukan mengeluarkan biaya lebih besar selama kehamilan dan membutuhkan banyak waktu untuk pemulihan di rumah sakit pasca melahirkan. (*/An) KOMPAS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s