Janin, Penyebab Susah Tidur


Wanita.com – Saat trimester ketiga, umumnya wanita hamil sering sulit tidur, akibat berbagai masalah kehamilan seperti sakit pinggang, rasa panas di dada, dan kedinginan terus-menerus untuk pipis. Namun para peneliti di Lenox Hill Hospital di New York City menyatakan, salah satu penyebab gangguan tidur ini adalah Janin yang terlalu aktif.


Janin punya pola tidur seperti ini saat dalam rahim: 20 menit terjaga, lalu tidur selama 40 menit berikutnya. Siklus ini berlangsung terus sepanjang malam, tak peduli apakah sang ibu sedang terjaga atau tidur. Ketika Janin terjaga, gerakannya pun meningkat. Untuk membuktikan bahwa bayi merupakan penyebab gangguan tidur, para peneliti merekrut 102 wanita hamil dari pasien rumah sakit. Para calon ibu ini diminta mengikuti survei yang mencatat secara detil gangguan tidur yang mereka alami. 11 wanita di antaranya dievaluasi selama di Sleep Diagnostic Center rumah sakit itu.

Para peneliti mengukur detak jantung ibu dan janin sepanjang malam dengan electroencephalogram (EEG). Peninqkatan laju detak jantunq janin merupakan indikator bahwa janin bergerak. Ternyata, wanita yanq janinnya aktif dilaporkan mengalami lebih banyak gangguan tidur dibanding ibu yanq janinnya kalem. Aktivitas malam janin dapat menurunkan jumlah tidur Rapid Eye Movement (REM) sang ibu. Yakni, periode tidur yang lelap, di mana aktivitas otak menjadi maksimal karena saat ini terjadi mimpi. “Ibu yang kehilangan tidur REM ini akan merasa capek dan moody paginya,” kata Michael Divon, kepala Obstetrics and Gynecology di Lenox Hill Hospital. Sayangnya, tak ada yang dapat dilakukan untuk mengontrol aktivitas Janin. Cuma perlu diingat, bayi yang aktif adalah bayi yang sehat. Untuk mengganti kekurangan tidur, cobalah tidur siang dan majukan waktu tidur malam. Saat malam hari, kurangi makanan atau minuman yang membuat kita sering ke kamar mandi.{Herl}.

Tabloid Ibu & Anak No.238 / Th V / 29 Juni 2003.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s