Sudah Menopause Bisa Hamil?


Masalah :SAYA ibu empat anak berusia 53 tahun. Sudah setahun ini saya berhenti haid (menopause) total. Sedangkan setahun sebelumnya kadang-kadang haid itu datang (tidak menentu).

Kegiatan seksual saya normal-normal saja, bahkan mungkin termasuk rajin. Karena itu, saya takut dibuka alat KB, takut hamil lagi walaupun secara medis tidak mungkin karena sudah berhenti haid. Ketakutan saya itu karena ada teman saya yang sudah setahun berhenti haid dan dibuka alat KB-nya ternyata hamil lagi.

Menurut Dokter, apakah saya harus membuka IUD atau diteruskan, sampai usia berapa tahun?

Terima kasih, Dokter Sofie yang terhormat.

Ny. Endang di Bandung Selatan

Jawaban :

Ibu Endang yang terhormat.

Ketakutan untuk hamil pada usia lebih dari 40 tahun memang sangat beralasan karena banyak risiko medis yang dapat terjadi baik pada ibu maupun pada bayinya. Beberapa risiko yang dapat terjadi pada kehamilan usia di atas 40 tahun, secara teoretis dapat ditanggulangi (misalnya hipertensi, diabetes, kelainan letak, perdarahan), namun risiko untuk mendapat anak yang cacat meningkat sekitar 4 kali lipat pada usia 40 tahun dan sampai saat ini belum dapat dilakukan intervensi.

Yang harus para ibu ketahui, di atas usia 40 tahun, seorang ibu meskipun kesuburannya mulai menurun namun masih tetap dapat hamil dan masih membutuhkan kontrasepsi (alat KB). Kehamilan di atas usia 50 tahun sangat jarang, data dari USA menunjukkan pernah ada wanita yang hamil sampai 9 bulan pada usia 56 tahun, sedangkan wanita tertua yang pernah hamil di UK ialah pada usia 54 tahun.

Ber-KB telah Ibu lakukan dengan baik, tapi masalahnya saat ini adalah kapan seorang wanita boleh menghentikan KB-nya?

Pada umumnya, seorang yang telah mengalami menopause (tidak haid berturut-turut selama minimal 1 tahun) tidak dapat hamil lagi, sehingga dapat menghentikan KB-nya apabila ia memakai KB IUD atau KB lain yang bukan hormonal (kondom/ istibra berkala / sanggama terputus). Usia menopause wanita Indonesia sekitar 46,9 tahun, sedangkan pada umumnya sekitar 99 % wanita telah menopause pada usia 55 tahun.

Apabila Ibu memakai KB hormonal (pil, suntik, susuk) dan tidak haid selama 1 tahun, meskipun usia Ibu di atas 40 tahun, belum tentu menunjukkan keadaan menopause. Untuk mengetahui apakah pemakai KB hormonal benar-benar menopause harus diperiksa kadar hormon FSH yang dapat dikonsultasikan pada dokter Ibu. Anjuran umum, bila wanita di atas 50 tahun memakai KB hormonal dan telah berhenti haid selama 1 tahun, dianjurkan tetap memakai KB-nya sampai 1 tahun setelah menopause.

Untuk wanita usia di bawah 50 tahun yang memakai kontrasepsi hormonal dan tidak mendapat haid atau haid-nya tidak teratur, dianjurkan untuk memakai dulu KB nonhormonal, dan baru boleh menghentikan KB-nya 1 tahun setelah menopause.

Kembali pada masalah Ibu, karena Ibu memakai IUD (bukan hormonal) dan telah menopause, Ibu dapat mencabut IUD-nya. Segera hubungi dokter Ibu untuk mengangkat IUD atau penjelasan lebih lanjut bila Ibu memerlukannya.

Dr.dr. Sofie Rifayani Krisnadi, Sp.O.G.

Sumber : Pikiran Rakyat Online

diambil dari ::konsultasikesehatan::

6 thoughts on “Sudah Menopause Bisa Hamil?

  1. Sejak nikah siklus haid saya tidak teratur.Kata dokter kandungan saya normal+baik.Saat ini saya kembali telat 3 bln,badan terasa sakit,mual,pusing,punggung sakit..Mau ke dokter lg takut di bilang gak apa2..apakah itu tanda2 menopause?

  2. saya mau tanya,,ibu saya umur uda sekitar 50th,,sudah bertahun tahun dia tidak mengalami haid..Tapi beberapah hari ini dia kembali mendapat haid,apakah itu normal diusia ibu saya yang sudah menginjak 50 tahun??
    terima kasih

  3. Ibu saya usianya sekitar 55 thun,sudah 10 tahun menjadi janda,sekarang mau menikah lagi,dan sudah 2 tahun monopouse. Yang ingin saya tanyakan: apa ibu saya masih bisa hamil lagi atau perlu alat kontrasepsi? apalagi ibu saya punya hipertensi.

Berikan Balasan

