Jika Ibu Hamil Alami Nyeri Pinggang


Panggul bagian belakang. Nyeri pada bagian ini lebih sering dirasakan oleh ibu hamil dibandingkan nyeri pada pinggang bagian bawah. Rasa nyeri dirasakan sampai garis pinggang di atas tulang ekor. Dan cenderung meluas hingga ke bokong dan belakang paha. Nyeri pada bagian ini kadang juga disertai dengan nyeri tulang kemaluan. 

Bagaimana mencegah agar nyeri pinggang pada kehamilan tidak semakin berat?

  1. Hindari faktor risiko yang telah disebutkan di atas, misalnya; jangan duduk/berdiri dengan posisi yang sama dalam jangka waktu yang lama. Bagi ibu hamil yang bekerja di depan komputer atau duduk lama di depan meja, lakukanlah jeda 5 menit setiap satu jam bekerja. Duduklah dengan menyandarkan kaki 10-15 cm di atas lantai dan jangan menyilangkan kaki.

 

 

 

 

Pada saat usia kehamilan menginjak tujuh bulan, ibu hamil banyak mengalami keluhan yang berhubungan dengan ketidaknyamanan yang ia rasakan. Salah satu keluhan yang paling umum dirasakan adalah nyeri pinggang. Jangankan bangkit dari posisi tidur, bangkit dari posisi duduk saja rasanya seperti sakit mengigit.

Umumnya gejala nyeri pinggang ini sangat terasa saat kandungan memasuki usia 5 – 7 bulan, tetapi mungkin juga telah dirasakan saat minggu ke-8 hingga 12 kehamilan. Meskipun bukan tergolong keluhan yang membahayakan, namun jika dibiarkan berlanjut dan tidak ditangani secara tepat maka keluhan ini akan mengganggu aktivitas rutin. Bahkan sakitnya akan terbawa hingga ibu usai melahirkan.

Penyebab nyeri pinggang

Ada banyak hal yang menyebabkan nyeri pinggang ini, diantaranya adalah aktivitas fisik yang berlebihan, seperti; mengangkat benda berat, membungkuk, posisi tubuh yang tidak tepat saat beraktivitas, seperti; naik tangga, duduk dan berdiri dari tempat duduk (seperti masuk dan keluar dari mobil, bak mandi, tempat tidur), memutarkan badan terlalu keras, membungkukkan badan ke depan, berlari, dan berjalan dengan kecepatan yang berlebihan. Gangguan nyeri pinggang akan terasa lebih parah jika sebelum hamil si ibu telah merasakan kondisi ini.

Ada 2 titik lokasi yang diserang oleh rasa nyeri, yaitu;

  1. Pinggang bagian bawah/lumbal. Biasanya rasa nyeri dirasakan pada bagian atas pinggang di garis tengah tulang belakang. Nyeri ini bisa atau tanpa penjalaran ke tungkai atau kaki. Biasanya nyeri ini timbul bila ibu hamil bekerja dengan posisi duduk atau berdiri terlalu lama, atau melakukan pekerjaan mengangkat barang secara berulang. Otot-otot di sepanjang punggung akan terasa tegang.

 

  

  1. Perhatikan postur tubuh saat berdiri, usahakan sikap tubuh normal, tarik bahu ke belakang, jangan membungkuk. Bila berdiri lama, cobalah mengistirahatkan satu kaki setinggi 10-15 cm.

  2. Hindari tidur berpindah-pindah posisi. Berbaringlah pada satu sisi tubuh dengan satu bantal di letakkan di antara lutut yang ditekuk. Posisi ini mengurangi tekanan pada tulang belakang.

  3. Hindari mengangkat barang berlebihan, mintalah orang lain untuk mengangkatnya. Jangan memutar pinggang, putarlah seluruh badan ketika Anda hendak mengambil sesuatu, jangan membungkuk bila hendak mengambil sesuatu, sebaiknya tekukkan lutut dan jaga punggung tetap lurus ketika menurunkan tubuh untuk meraih benda di bawah.

  4. Jangan melakukan gerakan yang tiba-tiba atau menjulurkan lengan di atas kepala untuk menjangkau sesuatu.

  5. Pakailah sepatu bertumit rendah (jangan datar) selama beraktivitas. Selain itu lakukan olahraga (senam hamil) untuk mengurangi ketegangan otot. Cara ini ampuh mengurangi nyeri pinggang.

 diambil dari ::conectique::

 

About these ads

13 thoughts on “Jika Ibu Hamil Alami Nyeri Pinggang

  1. Saya sedang hamil tujuh bulan dan karna pekejaan saya di depan komputer maka waktu saya banyak di habis kan dengan duduk ,dan yang jadi masalah tulang ekor saya sangat sakit menggigit kalu bangun dri tidur , apalagi dengan posisi terlentang saya sampai hampir tak bisa bangun ,apakah ini berbahaya bagi kandungan saya dan berbahaya dalam proses melahirkan ? dan obat apa yang sebaiknya saya konsumsi untuk mengatasi sakit yang berlebih ini?,,,,,

  2. sakit pinggang memang sangat mengganggu, apalagi seperti saya yang kerjanya di depan komputer terussss tapi mudahan-mudahan ibu dan bayinya lahir sehat ya gak….

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s