Perdarahan Saat Hamil


 

Tidak sedikit wanita hamil mengalami perdarahan. Kondisi ini terjadi di awal masa kehamilan (trisemester pertama), tengah semester (trisemester kedua) atau bahkan pada masa kehamilan tua (trisemester ketiga). Perdarahan pada kehamilan merupakan keadaan yang tidak normal sehingga harus diwaspadai.

 

 

Ada beberapa penyebab perdarahan yang mengintai wanita hamil. Setiap kasus muncul dalam fase tertentu. Ibu hamil yang mengalami perdarahan perlu segera diperiksa untuk mengetahui penyebabnya agar bisa dilakukan solusi medis yang tepat untuk menyelamatkan kehamilan.

Adakalanya kehamilan bisa diselamatkan, namum tidak jarang gagal. Pemeriksaan yang dilakukan meliputi pemeriksaan kandungan disertai dengan pengajuan beberapa pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan terjadinya perdarahan. Bila perlu dilakukan pemeriksaan penunjang seperti ultrasonographi (USG) dan pemeriksaan laboratorium.

Perdarahan pada kehamilan muda (trisemester pertama)
Beberapa penyebab perdarahan yang terjadi pada usia kehamilan tiga bulan pertama :
• Abortus (keguguran), beberapa tahapan keguguran :

1. Abortus iminens
Adalah terjadinya perdarahan dari rahim pada tahap awal dimana mudigah (embrio) masih utuh dalam rahim. Pada tahap ini umumnya perdarahan hanya sedikit atau agak banyak namun tidak disertai mules. Pada abortus iminens ini harus dipastikan apakah janin masih dapat berkembang atau tidak. Caranya dengan melakukan pemeriksaan USG berulang kali. Sebagian kasus abortus iminens ini masih dapat dipertahankan kehamilannya.

2. Abortus insipiens
Pada tahap ini mudigah masih utuh dalam rahim, namun sudah terjadi pembukaan dalam rahim. Biasanya muncul perdarahan lebih banyak dan timbul rasa mules

3. Abortus inkomplit
Pada tahap ini sudah terjadi pengeluaran hasil konsepsi, namun masih ada sisa yang tertinggal di dalam rahim. Umumnya perdarahan yang terjadi sangat banyak sampai bisa menimbulkan syok.

4. Abortus komplitus
Pada tahap ini semua hasil konsepsi sudah keluar dari rahim. Perdarahan berkurang menjadi lebih sedikit dan mulut rahim sudah menutup kembali. wanita yang mengalami abortus harus menjalani kuretase untuk membersihkan sisa-sisa perdarahan di dalam rahim.

• Blighted ovum
Adalah kehamilan yang tidak berkembang. Di dalam rahim hanya terdapat kantong kehamilan tanpa adanya mudigah yang pada akhirnya akan berujung dengan keguguran. Kasus blighted ovum harus diselesaikan dengan tindakan dikuret

• Hamil anggur (mola hidatidosa)
Adalah kehamilan yang tidak normal dimana pada perkembangannya bagian janin atau plasenta berubah sifat menjadi tumor yang berbentuk keguguran. Dan wanita yang mengalaminya hrus dikuret

• Kehamilan diluar kandungan
Adalah kehamilan yang< hasil konsepsi atau pembuahannya terletak diluar rongga rahim, misalnya terjadi di saluran telur (tuba), ovarium atau rongga perut. hal ini menimbulkan perdarahan dalam perut dan dapat menimbulkan syok/li>
Perdarahan pada tengah kehamilan kedua (trisemester kedua)

• Plasenta previa
Kehamilan dimana letak palsenta berada di bawah menutupi jalan lahir, sehingga bila terjadi kontraksi akan menimbulkan perdarahan. Bila pada kasus plasenta previa perdarahan yang terjadi tidak terlalu banyak, ibu hamil dapat dirawat. peluang kehamilan berlanjut samapai usia kehamilan cukup bulan masih terbuka. Tetapi bila perdarahan banyak sekali, terpaksa harus dilakukan operasi caesar dengan konsekuensi bayi lahir prematur

• Penyakit atau kelainan mulut rahim
Misalnya pada polip serviks, atau mungkin menderita kanker serviks, padahal kehamilannya sendiri dalam kondisi normal
Perdarahan pada kehamilan tua (trisemester ketiga)

• Plasenta previa
Plasenta letaknya rendah dan dapat berlanjut sampai di trisemester ketiga

• Solusi plasenta
Adlaah terlepasnya sebagian plasenta sebelum bayi lahir, penyebabnya terutama bila pasien menderita hipertensi, preeklamsia, kekurangan asam folat atau terjaid trauma (benturan). Bila kasus perdarahan solusi plasenta bayi masih hidup, harus segera dilakukan operasi caesar. Tapi bila bayi telah meninggal maka akan dicoba lahir dengan persalinan normal dengan pengawasan medis yang ketat

Sumber : Majalah Human Health  (idionline), diambil dari ::keluargasehat::

About these ads

3 thoughts on “Perdarahan Saat Hamil

  1. saya sdang hamil 8 bln.tapi beberapa hari terakhir mengalami pendarahan yg disertai pembengkakan,jg seperti cairan keputihan.yg mw saya tanyakan.Bahayakah ini bagi janin dan diri saya? tq

  2. tgl 13 agt’09 saya mengalami flek yg saya kira adl mens krn kebetulan jadwalnya tepat dg jadwal mens saya. Ttp mens yg saya kira tsb tdk pernah banyak spt saat2 mens yg sll saya alami, jd keluarnya hy flek2 coklat saja sesekali cairan berwarna kehitaman ttp tdk sebyk mens. Sy jg tdk merasakan sakit perut apapun. Ya kira2 spt saat menjelang akhir mens ant hr ke4-5, periode mens sy 6-7 hr.
    tgl 20 Agt’09 Sy sempat sakit panas, mual, muntah shg ke dokter internist utk lambung dan radang tenggorokan, diberi obat.
    Sampai hr ke 15 msh flek, lalu iseng sy bl testpack, tnt positif. Saat itu jg sy lgs ke Dokter kandungan langganan. Di USG blm tampak kantung krn kencing sy kosong, hy sdkt tanda mencurigakan adl kantung meskipun samar sekali. 2 minggu lg sy disuruh kembali utk USG. Saat ini sy hy bedrest dan mengkonsumsi as folat serta pemberian Dygest 400mg 2x sehari.
    Yg akan sy tanyakan adl :
    1. Apakah pemberian Dygets menyebabkan keluarnya tanda kecoklatan di pembalut yg sy pakai menandakan msh tjd pendarahan? Ttp jk sdg tdk pakai Dygest flek berhenti.
    2. Apakah kehamilan sy msh bs dipertahankan mengingat saat ini sy tdk mendapatkan tanda2 kehamilan spt ingin pipis, mual2, payudara kencang & gatal? spt kehamilan sy sblmnya dimana memasuki 6minggu lgs mabok bukan main!
    3. sampai brp lm testpack msh valid meskipun sdh keguguran?
    4. Andaikata sy mengalami abortus iminens, apa yg akan dilakukan oleh dokter? kuret, obat? ataukah bs dipertahankan?
    Terimakasih banyak atas responnya ya… Harapan sy kehamilan ini dpt bertahan & baik sampai melahirkan mengingat saya telah kehilangan 2x.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s