Trimester Pertama Kehamilan


Awal kehamilan anda ditandai berdasarkan menstruasi terakhir anda. Banyak perubahan fisik yang akan anda alami selama trimester pertama (3 bulan pertama kehamilan). Periode ini juga merupakan periode tumbuh kembang yang cepat bagi bayi anda.

Perubahan pertama mulai terlihat pada minggu ke-4 masa kehamilan.
Rasa metal dalam mulut merupakan penanda pertama dan satu-satunya perubahan fisik yang ada.

Pada minggu ke-2, struktur dasar susunan syaraf pusat dalam kandungan mulai terbentuk.

Pada minggu ke-5, sekalipun anda hanya mengalami menstruasi atau bahkan tidak lagi mengalami menstruasi; anda akan merasakan gejala menjelang menstruasi seperti kembung, gerah, dan sakit kepala.
Payudara mulai membesar dan menjadi lebih peka.
Frekuensi buang air kecil bertambah.
Pada minggu 6, vagina dan labia mayor mulai bereaksi terhadap peningkatan aliran darah dengan berubah warna menjadi kebiru-biruan.
Mual dan muntah mulai terjadi.
Pada minggu 7, kadang-kadang anda merasa pusing dan sesak napas.
Benjolan-benjolan kecil mulai muncul di payudara, dan area seputar puting susu berubah warna menjadi lebih tua.
Pada minggu 8, rambut anda mulai sulit ditata.
Cairan vagina yang bening, putih, dan tak berbau mulai merembes keluar.

Minggu 5, embrio dapat dilihat dengan mata telanjang.Minggu 6, jantung berdegup; kepala, dada, serta perut mulai terbentuk.

Minggu 7, terbentuk lekukan-lekukan yang menandai tempat dimana jari tangan dan jari kaki akan tumbuh.

Minggu 8, sekalipun panjang janin baru sekitar 2.5 cm (1 in), semua organ bagian dalam sudah ada pada tempatnya dan sendi-sendi utama seperti pundak dan pinggul sudah terlihat dengan jelas.

Minggu 9, kulit anda mengalami perubahan. Gusi mulai melunak sehingga memerlukan perawatan lebih. Untuk keterangan lebih lanjut, lihat Perubahan Fisik Lainnya.
Kelenjar tiroid/ gondok disisi leher bagian depan membesar.
Minggu 10, ukuran uterus anda sudah sebesar buah grapefruit (buah sejenis jeruk)
Payudara sudah lebih besar dari ukuran bra normal anda.
Minggu 11, rasa mual, muntah dan morning sickness mulai hilang.
Volume darah bertambah banyak, dan anda dapat mengalami mimisan.
Minggu 12, akhir dari trimester pertama, uterus sudah tumbuh lebih tinggi dari tulang panggul dan terasa bila diraba dari luar.

Minggu 9, mulut dan hidung sudah kelihatan; kedua lengan pun tumbuh dengan cepat.Minggu 10, bentuk jari tangan dan jari kaki sudah kelihatan, walaupun satu sama lainnya masih tersambung oleh selaput kulit.

Diakhir minggu 11, semua organ bagian dalam sudah berbentuk dan berfungsi.

Minggu 12, atau akhir trimester pertama- kelopak mata, kuku jari tangan dan kaki telah kelihatan, persendian bisa bergerak, bayi mampu mengisap dan menelan.

Semua sistem dalam tubuh bayi telah berkembang dengan baik dan banyak organ yang bentuknya hampir sempurna. Meskipun dalam 12 minggu janin tumbuh dengan cepat, janin masih belum mampu hidup di luar rahim.

diambil dari ::wyethindonesia::

About these ads

30 thoughts on “Trimester Pertama Kehamilan

  1. saya sudah cek memakai testpack hasilnya dari pertama positif tapi saya BT ketika cek ke dr kandungan d USG ktanya g hamil padahal jlas-jelas positif sampe sekarang klu d hitung sudah mau minggu ke 7 tanda-tandapun sdah banyak sya rasakan gmna y saya jd bingung

  2. saya mau tny,sya trakhir berhubungan dgn suami kra2 tgl 12april 2011 dan haid terkhir saya sktar tgl 3april n smpe skrg sya blum mndpti haid lg tp sya merasakn perubahan dtubuh saya sprt payu dra bengkak dan mengeras,sering pusing,mual setelah makan,suhu badan meningkat. apakah itu bisa dikatakn hamil? padahal 1mggu setelah berhubungan itu saya coba test hasily negatif. terima ksh ats jawbany

  3. saya telat mens 5 hari tapi saya belum berani test memakai testpack, karena yang saya tahu kehamilan br bisa diketahui setlh terlambat mens 2 minggu. apakah betul?? apa sebaiknya yang harus saya lakukan? karena saya sangat mengharapkan kehamilan ini mengingat usia perkawinan kami sudah 2 tahun belum mempunyai anak.. terima kasih

  4. dari bulan feb lalu sampai mart skrang belum juga mendapatkan haid, tapi saya terkadang merasakan morning sickness.setelah saya tes hasilnya selalu negatif?? knapa ya?? cz saya uda mengalami keguguran selama 2x.padahal usia pernikahan baru mau 1th.saya ga mau kalau harus kehilangan lagi.tq

  5. Saya telat mens skitar 3 hari, setelah di tes trnyata hasilnya positif. tapi knapa saya tidak merasa apa-apa? saya makan, tidur, jalan enak seperti orang yang tidak hamil. Apa saya benar-benar hamil?????

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s