Varises Vagina


Asuhan Dr. dr. Sofie Rifayani Krisnadi, SpOGYang terhormat Dokter,

SAYA (29 tahun) adalah seorang ibu dengan satu putri berusia 21 bulan. Saya ingin bertanya mengenai varises vagina secara detail pada ibu yang sedang hamil pada saat melahirkan.

Ketika saya melahirkan si kecil secara normal, baru diketahui bahwa saya menderita varises vagina. Kira-kira sepuluh hari setelah melahirkan saya mengalami perdarahan akibat varises tersebut. Alhamdulillah jiwa saya masih tertolong. Saat ini saya dan suami ingin memiliki anak lagi, tetapi jujur saya masih trauma.

Mengapa ibu hamil bisa mengalami varises vagina? Bagaimana cara mendeteksinya? Dapatkah dicegah atau mungkinkah varises vagina tersebut akan saya alami kembali pada setiap kehamilan? Apakah solusinya saya harus melahirkan melalui operasi sesar?

Semoga dokter dapat membantu saya memberi informasi mengenai varises vagina dalam kehamilan. Saya ucapkan terima kasih.

Ny. Retno, Bandung

Ny. Retno Yth.

VARISES adalah pembuluh darah balik di bawah kulit atau selaput lendir (mukosa) yang melebar dan berkelok/melingkar akibat kelainan katup dalam pembuluh darah balik tersebut. Biasanya varises terjadi pada tangan dan kaki, namun pada beberapa orang dapat terjadi di tempat-tempat lain seperti pada lambung, rectum (usus besar dekat anus), vagina, skrotum, dan vulva (bibir kemaluan). Sekira 20-30% wanita mengalami varises, terutama pada kehamilan.

Banyak faktor yang merupakan faktor risiko (bukan penyebab) meningkatkan kemungkinan terjadinya varises, seperti faktor keturunan, jenis kelamin (wanita empat kali lebih sering dari laki-laki), kehamilan, kegemukan (obesitas), pekerjaan yang membutuhkan lama duduk atau lama berdiri, pil KB atau pengobatan dengan estrogen.

Pada umumnya varises tidak menyebabkan gejala yang terlihat hanyalah penonjolan pembuluh darah di bawah kulit atau mukosa. Pada varises vagina, pelebaran pembuluh darah akan terlihat di bawah lapisan selaput lendir vagina. Pada sebagian penderita varises, terutama varises pada kaki, kaki akan terasa berat, lelah dan nyeri yang bertambah apabila ia banyak berdiri atau duduk. Gatal-gatal atau perubahan warna kulit menjadi kebiruan juga merupakan ciri-ciri varises.

Pada kebanyakan wanita hamil yang mengalami varises vagina, persalinan normal masih dapat dilakukan, kecuali pada varises vagina yang sangat berat, dokter akan menganjurkan operasi sesar. Dokter akan dapat mengetahuinya ketika memeriksa panggul saat kehamilan atau pemeriksaan persalinan. Setelah persalinan, dengan sendirinya varises akan mengecil dan seringnya tidak mengganggu lagi. Apabila ibu hamil lagi, pada umumnya varises akan datang kembali.

Pendarahan karena varises vagina, pada umumnya terjadi saat persalinan karena pecahnya dinding pembuluh darah akibat trauma/laserasi jalan pada saat bayi lahir. Sangat jarang perdarahan akibat varises biasanya terjadi lama setelah persalinan.

Pada kehamilan yang akan datang, informasikan apa yang telah Ibu alami, periksakan keadaan varisesnya dan rencanakan jenis persalinan apa yang akan dijalani.

Mengingat satu dari tiga ibu hamil mengalami varises, sebaiknya Ibu jangan terlalu cemas untuk hamil kembali.

diambil dari ::pikiranrakyat::

About these ads

4 thoughts on “Varises Vagina

  1. Saya ibu 2 anak usia 27th ingin berbagi pengalaman sekaligus ingin menanyakan.pada kelahiran anak pertama tidak mengalami masalah namun pada kelahiran anak ke 2 saya mengalami pendarahan akibat pecahnya varises pada vagina dan saya baru mengetahui setelah jahitan membengkak akibatnya diulangi lagi jahitan dan sudah satu bulan berlalu masih terasa sakit pada bagian varises yg dijahit,bidan ataupun dokter tidak memberitahu bahwa ada varises pada vagina saya pada pemeriksaan kehamilan tiap bulannya.jadi untuk ibu2 sebaiknya menanyakan tentang varises ini jauh hari sebelum proses melahirkan.apakah varisesyg sudah pecah dapat sembuh kembali dan berapa lama?trims

  2. ciri-orang yang akan sesar gimana ya? apakah benar orang yang punya panggul kecil sudah pasti bakalan operasi sesar? saya belum hamil tapi takut aja soalnya saya termasuk orang yang punya panggul kecil.

  3. saat ini saya sdg hamil 5bln.ini adalah kehamilan kedua saya..sejak menjelang bulan ke4 di daerah betis kiri dan pangkal paha kiri terdapat varises..pertama2 biasa aja..tapi lama kelamaan saya menjadi terganggu,karena terasa sakit saat terlalu lama beraktivitas!terkadang saat bangun tidur pada daerah vagina terasa sakit,seperti ada tekanan,apalagi saat duduk di toilet..tapi tdk ada masalah saat pipis..saya belum membicarakan hal ini kpd dokter saya,mengingat schedule kontrol msh seminggu lagi…apakah saya mengalami varises vagina?lalu bisakah diobati?coz it killing me…

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s