Jamu Membahayakan Kehamilan?


Asuhan: Dr. dr. Sofie Rifayani K., Sp.O.G.

Dokter tang terhormat

SAYA seorang ibu yang telah memiliki tiga anak. Usia saya sekarang 35 tahun. Setelah anak saya 7 tahun, tiba-tiba saya hamil lagi. Sebenarnya saya tidak ingin hamil lagi, karena itu saat saya telat haid dua minggu saya mencoba mengeluarkan haid saya dengan cara minum jamu maupun makan nanas yang banyak. Namun haid tak kunjung datang, saya malah dinyatakan hamil oleh dokter.

Saya takut jamu-jamuan tersebut berakibat buruk pada bayi saya kelak. Mungkinkah bayi saya akan lahir normal? Saya takut karena tetangga saya pernah mengalami hal serupa (mencoba menggugurkan kandungan dengan obat tapi tidak berhasil). Ternyata anaknya kini memiliki penyakit jantung. Apakah itu karena obat-obatan yang dikonsumsi? Saya mohon penjelasan Dokter. Terima kasih.

Ny. Ani di Bandung

Ibu Ani yang terhormat

SETIAP haid terlambat pada seorang wanita yang seksual aktif, yang pertama kali harus diduga adalah adanya kehamilan, dan jangan mengonsumsi obat-obatan tanpa tahu keamanannya. Hal ini sangat penting agar bila benar hamil wanita tersebut terhindar dari kemungkinan efek tidak baik dari obat-obatan tersebut.

Apabila seorang wanita terlambat haid dan ingin haid (sebagian dari mereka hamil), mereka berusaha menggugurkan kandungannya. Mitos bahwa nanas atau jenis tumbuhan lain dapat menggugurkan kandungan belum ada buktinya. Perlu dosis yang sangat besar bagi tumbuh-tumbuhan untuk mempunyai daya racun yang dapat menggugurkan atau membuat janin cacat.

Efek obat-obatan tradisional (jamu-jamu) terhadap hasil kehamilan juga sedikit sekali diketahui. Akan tetapi, sampai saat ini kejadian cacat janin yang berat juga tidak banyak (sekira 1 dari 200 persalinan).

Cacat janin yang berat baru dapat diketahui dengan USG secara jelas pada kehamilan sekira 5 bulan. Cacat janin kecil tidak mudah diketahui dengan pemeriksaan USG. Tidak banyak yang dapat kita lakukan, jadi tenangkan hati Ibu, dan banyak berdoa, mudah-mudahan bayi Ibu termasuk yang 199 dari 200. [Pikiran Rakyat]

About these ads

37 thoughts on “Jamu Membahayakan Kehamilan?

  1. saya juga mengalami hal yang serupa.apa resiko terkecil yang akan terjadi pada bayi saya?mengingat saya sudah minum jamu peluntur dgn merk tdk jelas dan dikhawatirkan mengandung bhn2 berbahaya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s