Sering Buang Air Kecil Saat Hamil


Oleh: dr. Abdul Mughni

Assalamu’alaikum wr. wb.

Saat ini usia kandungan istri saya +/- 4 bulan ada satu hal yang dikeluhkannya yaitu sering buang air kecil, apakah ini normal atau apakah ini yang disebut dengan kandungan yang turun, sebab istri saya pernah diurut dan disebutkan bahwa seringnya dia buang air kecil diakibatkan oleh turunnya kandungan. Mohon penjelasannya dok, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum wr. wb.

Yadi (supriyadignr@hotmail.com)

Jawab:

Wa’alaikumussalam wr. wb.

Ibu dan Bapak Yadi yang berbahagia karena Allah insya Allah mengakarunia anak yang soleh amin, Kandunga umur 4 bulan menyebabkan perkembangan rahim sejalan perkembangan janin, karena letak rahim ini dibawah kandung kencing maka merangsang untuk kencing, seolah-olah sering kencing. rasa ini normal pada orang hamil.

Jadi yang benar bukan turun kandungan malah kandungannya semakin tinggi. Pengukurannya disebut TFU (tinggi Fundus Uteri). Bahkan pada kehamilan 9 bulan bisa mencapai setinggi suduk tulang dada, subhanalloh, semoga ibu sehat selalu.

Wassalaamu’alaikum wr. wb.

Publikasi 12/08/2002 12:42 WIB. Hangtuah Digital Library

8 thoughts on “Sering Buang Air Kecil Saat Hamil

  1. assalamualaikum wr.wb.

    usia kandungan saya udah 7 bulan lebih saat ini,,tapi pada janin kok getarannya / tendangannya sangat dahsyat sampai saya kesakitan ya dok,ditambah lg sering buang air,,dan kalau tidur semakin susah+ klo makan bisa 3x lipatnya.
    mohon penjelasannya dok,,makasih.

    wassalamualaikum wr.wb.

  2. saya sudah hamil 2 bulan dok. saya emang sering buang air kecil. tapi saya tetap susah buang air besar. ya,, emang sebelum hamil saya emang agak susah buang air besar. bagaimana cara mengatasi ini dok…..?
    trimakasih……….

  3. apa yg dialani ibu rini sama dgn saya yaitu sering sx BAB dan sangat byk,pdhal mkn sy hanya sedikit,dan sblm hamil terbilang shri sx BAB tpi setelah hamil lebih 3x shari (bkn mencret)apakah ini normal?makasih ats jwbx.

  4. aslmkm.wr.wb
    saya pernah mengalami pendarahan tetapi hanya terjadi setelah saya berhubungan padasaat itu kandungan saya berusia 6 mggu,apakah itu berakibat kurang baik dengan janin saya?ats penjelasannya saya ucapkan terima kasih

  5. Assalamu’alaikum Wr. Wb

    kandungan umur berapa? kita bisa merasakan denyut nadi dan gerakan2 janin, karena diumur kandungan aq yang menginjak 4 bulan belum merasakan gerakan apapun.Dan apakah data yang tedapat pada alat USG yang mendeteksi umur janin itu akurat dan tepat? mohon penjelasannya dok, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

  6. Assalamu’alaikum wr. wb.

    Usia kandungan saya baru saja 5 minggu. Namun sebelum kedokter saya sempat Tespeck pada tgl 03/09/07 untuk memastikan apakah saya benar hamil, karena adanya perubah pada tubuh saya. Setalah saya tahu saya memnag Positif, saya baru ke dokter pada tgl 05/09/07. Dan dokter mengatakan memang saya hamil, namun janin saya kecil dan tidak berkembang. Lalu Dokter memberikan 3 Obat : Folavi 1 x sehari, Prognalin 2 x sehari dan Oxypen 2 x sehari. Tujuannya agar bayi saya berkembang dan penguat janin (karena saya suka naik motor u/ pulang pergi ke Kantor).

    Note :
    - Pada tgl 03/09/07 saya sempat Diere namun hanya 1 kali.
    - Dan semenjak itu saya mulai BAB (buang air besar) dan BAK (buang air kecil).
    - Mungkin untuk BAK smua ibu hamil juga merasakannya

    yang menjadi pertanyaan saya :
    - Apakah jika BAB tiap pagi itu baik??
    - Dan apakah jika BAB terlalu sering (1 hari bisa 3 kali) itu baik untuk janin??
    - Karena pada saat saya BAB, yang keluar banyak sekali.
    - Saya takut, anak saya tidak berkembang dan tidak ada nutrisi, karena terlalu sering BAB
    Mohon penjelasannya dok, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

    Wassalamu’alaikum wr. wb.

    Rini I (rere_pegi@yahoo.com)

Tinggalkan Balasan

