Syukuran 4 Bulan Kehamilan


Assalamualaikum….pak ustadz

Saya mau bertanya, apakah ada hadist tentang acara empat bulanan atau tujuh bulanan yang sering dilakukan oleh orang orang kebanyakan? Apa hukumnya?

Terima kasih atas penjelasan dari ustadz.

Wassalamualaikum. Wr. Wb

Supri Wijayanto
supri_w at eramuslim.com

Jawaban

Assalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Sepanjang apa yang kami ketahui tentang ajaran Islam dan dalil-dalilnya, kami belum pernah menemukan perintah bagi orang hamil untuk mengadakan acara empat bulanan atau tujuh bulanan.

Karena tidak ada perintahnya, maka hukumnya tidak merupakan sunnah, apalagi kewajiban. Tetapi apakah hukumnya menjadi haram atau tidak, di situ para ulama seringkali berbeda pendapat.

Sebagai ulama seringkali mengharamkan segala bentuk aktifitas yang tidak ada dalilnya dari sunnah Rasulullah SAW. Bagi mereka, melakukan semua itu termasuk mengada-ada dalam perkara agama. Istilah yang sering digunakan adalah bid’ah.

Hukumnya haram dan tidak boleh dilakukan. Bahkan ada dosa tersendiri bila melakukan hal itu.

Maka buat kalangan ini, apa pun nama perayaannya, semua bid’ah. Ulang tahun, maulid, tujuh bulan, isra’ mi’raj, nuzulul Quran, halal bi halal dan sederet perayaan lainnya, hukumnya haram. Berdosa kalau dikerjakan.

Namun sebagian ulama lainnya agak sedikit berbeda dalam menilainya. Bagi mereka, perkara-perkara yang tidak ada dasar pensyariatannya belum tentu menjadi haram atau bid’ah. Kecuali bila perkara itu termasuk ke dalam prosesi ritual peribadatan.

Sehingga berbagai bentuk perayaan yang di dalamnya tidak terkait dengan masalah ritual keagamaan, hukumnya tidak haram dan bukan bid’ah. Kecuali bila di dalamnya ada hal-hal yang bertentangan dengan ajaran Islam, seperti syirik, khamar, ikhtilath antara laki dan perempuan, zina, judi, penipuan dan seterusnya. Semua hukumnya haram, namun keharamannya karena memang acaranya adalah sebuah kemungkaran.

Adapun bila acara itu sekedar tidak pernah dilakukan oleh Rasulullah SAW, maka masih jadi ajang perbedaan pendapat. Sebab begitu banyak fenomena sosial yang terdapat di sekeliling kita, namun tidak pernah terjadi di masa Rasulullah SAW. Lalu apakah semua itu bisa dikatakan bid’ah dan pelakunya masuk neraka? Di sinilah para ulama berbeda pendapat sejak dulu sampai kini. Dan akan terus berbeda pendapat entah sampai kapan.

Yang penting buat kita, pendapat mana pun yang kita ikuti, semua punya dasar pemikiran yang telah dipikirkan masak-masak dan telah diijtihadkan oleh para ulama. Maka kurang pada tempatnya bila kita menuduh saudara kita sesat hanya karena dia punya pendapat yang tidak sama dengan pendapat kita.

Wallahu a’lam bishshawab, wassalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Ahmad Sarwat, Lc

(eramuslim)

About these ads

103 gagasan untuk “Syukuran 4 Bulan Kehamilan

  1. Kenapa Gak ada yang bahas di Upacara bendera itu kan ada bacaan doanya… itu juga kan gak ada perintah rosul… ato upacaranya sendiri ko gak di bahas…

  2. prosesi 4 atau 7 bulanan memang bukan berasal dr ajaran islam bahkan menurut sejarah itu merupakan ibadah yg dilakukan agama hindu apakah msh perlu kita ikuti..?? semuanya kembali kpd diri kita msing2 mau kembali menegakan syariah Islam secara murni atau tidak..wallauhualam.

  3. maulid, tujuh bulan, isra’ mi’raj, nuzulul Quran, halal bi halal dan sederet perayaan lainnya tidaklah bidah…(kalau bid’ah disini bid’ah dolalah)..karena di dalamnya tidak mengandung unsur2 yang bertentangan dengan syariat islam,quran ataupun sunnah…malahan di dalamnya berisi bacaan2 ayat suci al-quran dan shalawat2..contoh bid’ah yang sesat: sholat shubuh 2 rakaat,,karena mentang2 sok taat,jadi shalat shubuh dilakukan 3 rakaat,ini baru bid’ah…
    semua yang baru itu memang bid’ah tapi tidak semuanya sesat/dolalah.dan ketika ada bid’ah2 yang tidak bertentangan dengn syariat (otomatis sesuai syariat berarti ya!!) maka itu diperbolehkan,malah islam mendukung itu.kadang kita sering meributkan/menganggap hal2 yg sdh sngat jelas baik/sesuai syariat itu sesat, sementara banyak aktivitas2 kecil yang menjadi kesibukan kita tak terasa bahwa itu sebenarnya sesat.
    eh contoh kecil ya, kita makan pake sendok,garpu yang jinisnya seperti yang ada sekarang,mobil pesawat,kapal laut,dll…televisi,kmputer,vcd,..hape..apalagi kalo macam2 pekerjaan kita sebutin satu2 yach…banyak klu disebutin mah bro…bid’ah juga yach???sesat ga yach???
    so jangan takut u/ merayakan acara maulid,isra’ mi’raj,nuzulul quran,shalawatan,dll…tapi saya setuju ketika ada hal2/aktivitas2 yang kita ragu apakah itu sesuai syariat apa nggak,u/ menanyakan kepada ulama.mudah2an bermanfaat,dan jangan sampai kita menyesal karena hidup kita terbuang percuma u/ hal2 yang ga ada nilai ibadahnya.wassalam

  4. Nabi diutus untuk memberikan tuntunan dalam seluruh aspek kehidupan, bahkan tatacara BAB pun Nabi contohkan.
    Apakah kita kira jaman kenabian tersebut tidak ada wanita yg hamil? tentu banyak sekali shahabat2 nabi yang mempunyai istri hamil. adakah dalil2 yg menunjukkan adanya selamatan 4 atau 7 bulanan?
    Kalau memang ada kebaikan dalam selamatan 4 atau 7 bulanan kehamilan menurut syariat, tentu para shahabat lebih dahulu mengamalkannya.

  5. salam sejahtera temen-temen semua.semoga segala bentuk perbedaan menjadi rahmat. mengenai 4 bulan dan 7 bulanan, memang tidak ada landasan dalil naqli dari al quran dan as sunnah adalah bid’ah. sedangkan bid’ah itu terdapat dua bagian: bid’ah hasanah (baik) dan sayyiah (buruk). andaikan 4 atau 7 bulanan ini diisi dengan hal yang lebih baiik, antaralain berdzikir dan berdoa, dapat bersilaturahmi,dll tidaklah menjadi maslah. artinya tidak jatuh kepada keharaman.karena dalam ushul fiqh dikatakan alhukmu yaduru ma’al illatii maujudan wa,adaman. hukum bisa saja berputar sesuai dengan jamannya. artinya bahwa Islam bersikap fleksibeliti dan univesal dengan cara mentolelir ummatnya selama umatnya tidak meleset dari ajaran agama…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s