Bisakah Hamil Jika Menstruasi 3 Bulan Sekali?


saya ingin bertanya masalah menstruasi saya tiga bulan sekalil, apakah saya bisa hamil? saya sudah datang ke dokter kandungan, rahim saya bagus,sperma suami saya juga bagus tp sudah 4 thn menikah belum dikaruniai anak. apa karena menstruasi saya yang tidak subur. makasih ya media sehat nina Kristiana, 28 tahun

 Jawaban :

Dear Nina,

Siklus menstruasi yang normal berkisar antara 14 – 35 hari. Jika Anda menstruasi 3 bulan sekali, walaupun tergolong rutin (periode-nya tetap), namun Anda bisa dikategorikan kurang subur (kami tidak suka menggunakan kata ‘tidak subur’, apalagi Anda masih mengalami menstruasi berarti selalu ada harapan).

Jika kondisi kandungan Anda bagus, dan sperma suami pun tergolong bagus, maka cobalah untuk kembali berdiskusi dengan dokter kandungan untuk mendapatkan terapi hormon agar siklus menstruasi Anda menjadi lebih dekat lagi, sehingga jarak periode masa suburnya pun lebih dekat lagi. Jika seluruh kondisi fisik dan hormonal Anda bagus, biasanya tidak ada masalah untuk melakukan terapi hormon, asalkan dilakukan menurut petunjuk dokter.

Semoga jawaban kami bisa memuaskan. Salam dari Mediasehat!

5 thoughts on “Bisakah Hamil Jika Menstruasi 3 Bulan Sekali?

  1. assalamualaikum
    ibu2 smw
    sya mw share tntang crta sya
    sya umur 19 thun dn sya bru mnikah bln jnuari llu
    sya pny rwyat sklus haid yg tdak teratur wktu msh rmja
    bsa 2-3bln skli sya bru dpt haid
    tp 2 bln sblm nkah sya mndpat haid tiap blm dn hnya tlat 1-3 hr di stiap bln di tnggl 23an
    smp bln jnuari pn sya msh mndpat kn haid di tgl 26
    nmun smpe skrg tdak haid lg
    dn sya pn mengalami gjla yg aneh
    sprti,mual di pg dn mlm hri,sring skit di bgian bwah prut,mdah skli llah tnpa alsn yg jlas,dn jg p*y*d*r* sya lbh kncang dn lngkar htam lbh lbar
    mggu lalu sya cb untk test pack
    awl pke yg hrga nya 5rb nmun hsil nya negatif
    dn bbrpa hri kmudian ak cb bli lg test pack dgn hrga yg lbh nmun hsilnya sma :'(
    dn kmrn ak membranikan dri untk prksa kedkter kndungan
    nmun kta dkter nya blm ad tnda ad nya khmlan
    dn di sruh tggu 1 mnggu lg
    dn testpack lg klo msh ngtif
    dkter bkal ksh obt bwt mancing haid nya

    mnurut ibu2 gymn?
    apa ad kemngkinan sya hmil?????

  2. saya sedang hamil 6 minggu tapi kenapa saya masih haid ya….saya binggung karena ini pengalamn pertama saya hamil,,,,,apakah saya hamil atau tidak….gejala hamil ya ada dalam diri saya,apakah saya keguguran tolong jawabannya

  3. aku juga pengen banget hamil, aku sudah minum profertil selama 6 bulan tapi belum juga hamil. kata dokter disuruh terapi hormon. mudah2an hasilnya sama seperti mb yayuk. kangen banget pengen punya anak…

  4. Kebetulan kasusnya sm dg sy. Setelah menikah & 2 th blm punya anak, akhirnya sy & suami mengikuti program permata hati di sadjito. Oleh doktr sy diberi obat (terapi hormon) untuk membuat siklus mens sy teratur. Stlh mengikuti progrm tsb slm 9 bl, alhamdullh sy hamil. Skrg sy sdh dikaruniai 2 anak laki2. Stlh melahirkan anak pertama, siklus haid sy jd teratur & sy hamil lg anak kedua scr alami tanpa bantuan obat. Untuk ibu nina tetaplh optimis, berikhtiar & berdoa.

  5. Saya memiliki teman, yang kebetulan haidnya jarang sekali. Bisa tiga bulan, bisa empat bulan siklusnya. Dan, sampai sekarang, setelah menikah pada tahun 2000 lalu, belum juga hamil. Terapa apa yang bisa dilakukan? Mengingat ia dan suaminya dinyatakan sama-sama tak mandul.

Tinggalkan Balasan

