Mengatasi Rasa Sakit Saat Kontraksi


Berbagai macam posisi yang nyaman untuk mengatasi rasa sakit saat datangnya kontraksi dapat anda coba. Suami atau anggota keluarga lain yang mendampingi bisa memberi semangat dan membantu menenangkan, serta meringankan penderitaan anda dengan memijat punggung dan pinggang belakang anda. Beberapa posisi yang dapat mengurangi rasa sakit di saat kontraksi datang, di antaranya:

1. Pada kontraksi awal, bersandarlah pada sesuatu yang ada di dekat anda, seperti tubuh suami, dinding, dan pintu.
2. Duduklah di kursi yang menghadap terbalik ke belakang, dan dengan kedua kaki anda mengangkang. Rebahkan kepala di atas tangan yang terlipat pada sandaran kursi. Bisa anda alasi kursi dan sandaran kursi dengan bantal-bantal agar kepala dan tangan tidak sakit. Suami dapat memijat punggung anda.
3. Bertahan dengan berlutut juga bisa mengurangi rasa sakit. Anda dapat berlutut, dan letakkan bantal di lantai untuk menahan lutut, dan bersandarlah pada kursi atau pinggir tempat tidur. Condongkan panggul anda ke depan lalu kembali ke posisi semula.
4. Anda dapat berlutut di lantai dengan kaki melebar. Tumpukkan beberapa bantal besar untuk menopang tubuh. Punggung harus tetap lurus. Setelah itu duduklah dengan posisi miring di antara dua kontraksi. Naikkan pantat dengan kepala tetap di atas bantal bisa membantu mengurangi rasa sakit di punggung (karena kepala bayi yang menekan perut).
5. Berlututlah dengan bertumpu pada kedua lutut dan tangan anda. Melakukannya di atas matras mungkin akan terasa lebih nyaman buat anda. Miringkan panggul ke depan dan ke belakang, dan tetap luruskan punggung anda. Di antara dua kontraksi, santai dan beristirahatlah dengan meletakkan kepala di atas telapak tangan anda.
6. Mintalah suami untuk memijat / mengurut bagian bawah punggung anda dengan telapak tangannya, dengan gerakan memutar membentuk lingkaran yang mantap. Taburkan bedak talk untuk menghindarkan lecet pada kulit.
7. Atau mintalah suami untuk memegangkan sebuah botol berisi air panas yang ditempelkan pada bagian bawah punggung anda.[]

About these ads

12 thoughts on “Mengatasi Rasa Sakit Saat Kontraksi

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s