Kenapa Ibu Hamil Muntah-muntah?


pdpersi, Jakarta – Lihat saja di sinetron atau opera sabun, seorang wanita yang dikesankan sedang hamil biasanya diperlihatkan sedang muntah-muntah. Namun, apakah muntah-muntah itu wajar dialami seorang ibu hamil? Hal ini jelas perlu diketahui.

Dr. Hendra G Widjanarko, Sp.OG dalam Mailing List Dokter Indonesia mengungkapkan, muntah-muntah pada ibu hamil dalam bahasa kedokteran disebut Hyperemesis gravidarum.

“Dari namanya dapat diketahui bagaimana penyakit ini, yaitu muntah berlebih atau sering (hyper dan emesis) yang terjadi pada saat seorang wanita sedang hamil,” ujar dia.

Keluhan ini, kata Hendra umumnya terjadi pada trimester pertama kehamilan atau 3 bulan pertama. Biasanya, akan hilang atau berkurang jauh dengan bertambahnya usia kehamilan.

Teori mengatakan bahwa keluhan ini terjadi sebagai proses adaptasi Tubuh wanita terhadap kehamilannya. Karena, janin itu adalah “mahluk asing” bagi si ibu karena 50% nya membawa unsur dari sang ayah.

Untuk mengatasinya, kata Hendra, selain obat-obatan, diperlukan edukasi terhadap sang ibu dan support dari lingkungannya serta kebiasaan pola makan sehat yaitu jenis makanan, frekwensi, porsi yang mencukupi. “Tindakan medis hanya diberikan bila muntah-muntah tersebut demikian berat sehingga si ibu mengalami gangguan fisik seperti kekurangan cairan, berat badan menurun banyak, atau tidak bisa beraktifitas fisik,” ujar Hendra.

Biasanya, ibu dirawat 1-2 hari di RS untuk mendapatkan infus cairan ditambah obat-obatan. Tidak perlu dilakukan tindakan-tindakan medis yang berlebih apalagi yang invasif, seperti tindakan endoskopi.

Dokter biasanya akan memberi obat anti muntah seperti damaben, vometa atau merk lain. Sedangkan obat antasida yang diberikan biasanya adalah mylanta atau mereka lain. “Yang penting adalah edukasi dan support utk istri anda. Last but not least, kerap kali hal ini diperberat oleh tahayul dan mistik seperti larangan makan makanan tertentu padahal si ibu sangat suka makanan tersebut. Misalnya, tidak boleh minum air dingin, padahal minuman dingin amat menyegarkan dan bisa menambah selera makan.(iis)

About these ads

18 thoughts on “Kenapa Ibu Hamil Muntah-muntah?

  1. @suzan tresna murty ….waduh kenapa bu???pdhlkan kehamilan pertama,,biasanya kehmailan yang paling dinanti..sama sang suami. knp bgtu????
    sya jg sedang merasakn awal kehamilan,,,menyusahkan…sring muntah,mual,makan ngg enak…pkoknya tersiksa…tapi snang kalo sadar didalam prutku ada janin buah hati aku dan suamiku………:)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s